6 Cara Menurunkan Berat Badan 9 Kilogram dengan Cepat, Coba Hitung Kalori dan Kurangi Karbohidrat

6 Cara Menurunkan Berat Badan Sebanyak 9 Kg dengan Cepat, Coba Hitung Kalori dan Kurangi Karbohidrat

6 Cara Menurunkan Berat Badan 9 Kilogram dengan Cepat, Coba Hitung Kalori dan Kurangi Karbohidrat
PhenQ Reviews
Diet 

Laporan Wartawan TribunTravel.com, Ambar Purwaningrum

TRIBUNTRAVEL.COM - Ingin menurunkan 9 kg berat badan dengan cepat?

Ada beberapa langkah mudah untuk menurunkan berat badan sebanyak 9 kg dengan cepat.

Rencana ini tidak disarankan jika kamu memiliki riwayat gangguan makan seperti anoreksia.

TONTON JUGA

Dilansir TribunTravel.com dari laman healthline.com, berikut 6 cara menurunkan berat badan sebanyak 9 kg dengan cepat.

1. Hitung Kalori

Soba, mi sehat dari Jepang yang dipercaya dapat melancarkan peredaran darah, rendah kalori, anti kolesterol, dan anti-aging.
Soba, mi sehat dari Jepang yang dipercaya dapat melancarkan peredaran darah, rendah kalori, anti kolesterol, dan anti-aging. (KOMPAS.COM/MENTARI CHAIRUNISA)

Program Diet yang Dapat Menurunkan Berat Badan Sebanyak 7 Kg dalam Seminggu, Berminat?

Menghitung kalori adalah salah satu cara termudah dan paling efektif untuk mulai menurunkan berat badan dengan cepat.

Penurunan berat badan terjadi ketika kamu menggunakan lebih banyak kalori daripada yang kamu konsumsi, baik dengan mengurangi asupan atau meningkatkan aktivitas fisik.

Sementara memotong kalori saja umumnya tidak dianggap sebagai cara yang berkelanjutan untuk menurunkan berat badan, menghitung kalori dapat menjadi alat penurunan berat badan yang efektif ketika dipasangkan dengan modifikasi diet dan gaya hidup lainnya.

Melacak asupan kalori dapat meningkatkan kesadaran tentang apa yang kamu letakkan di piring, memberi kamu pengetahuan yang kamu butuhkan untuk membuat pilihan yang lebih sehat.

Menariknya, satu ulasan dari 37 studi menemukan program penurunan berat badan yang memasukkan penghitungan kalori menyebabkan penurunan berat badan 7,3 pon (3,3 kg) lebih banyak daripada yang tidak.

Coba lacak asupan kalori dengan menggunakan aplikasi atau jurnal makanan.

2. Minum Lebih Banyak Air

Minum air putih
Minum air putih (secondwindwater.com)

6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Meningkatkan asupan air adalah cara sederhana untuk penurunan berat badan dengan sedikit usaha.

Bahkan, satu studi menemukan bahwa memasangkan diet rendah kalori dengan peningkatan asupan air sebelum makan menghasilkan 44% lebih banyak penurunan berat badan selama periode 12 minggu.

Penelitian menunjukkan air dapat meningkatkan penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme, sementara meningkatkan kalori yang tubuh bakar setelah makan.

Menurut sebuah penelitian pada 14 orang dewasa, minum 16,9 ons cairan (500 ml) air meningkatkan metabolisme sebesar 30% setelah 30-40 menit.

Minum air putih bersama makanan juga bisa membuat kamu merasa kenyang, mengurangi nafsu makan dan asupan.

Sebagai contoh, satu studi kecil menunjukkan bahwa minum 16,9 ons cairan (500 ml) air sebelum makan mengurangi kalori berikutnya yang dikonsumsi sebesar 13% ( 4 ).

Untuk hasil terbaik, minumlah setidaknya 34-68 ons cairan (1-2 liter) air per hari untuk memaksimalkan penurunan berat badan.

3. Tingkatkan Asupan Protein

Susu almond
almond (pexels.com)

4 Manfaat Ikan Tongkol bagi Kesehatan, Bisa Menurunkan Berat Badan hingga Meredakan Depresi

Diet protein telah dikaitkan dengan penurunan lemak perut, serta massa otot dan metabolisme selama penurunan berat badan.

Protein juga dapat membantu mengurangi nafsu makan dan mengurangi asupan kalori.

Satu studi pada 19 orang dewasa menemukan meningkatkan asupan protein dengan hanya 15% meningkatkan perasaan kenyang dan secara signifikan mengurangi asupan kalori, lemak perut, dan berat badan.

Studi lain menunjukkan mengonsumsi sarapan tinggi protein menurunkan kadar ghrelin, hormon yang merangsang rasa lapar, dengan tingkat yang jauh lebih besar daripada sarapan tinggi karbohidrat).

Daging, makanan laut, unggas, kacang-kacangan, telur, kacang-kacangan dan biji-bijian adalah beberapa sumber protein sehat yang dapat kamu tambahkan dengan mudah ke dalam makanan.

4. Potong Konsumsi Karbohidrat

Nasi Serpang Madura
Nasi Serpang Madura (Instagram/ @kartikapujasera)

Ingin Menurunkan Berat Badan dengan Cepat Tanpa Diet Ketat? Coba Konsumsi Cokelat 3 Kali Sehari

Mengurangi asupan karbohidrat olahan adalah strategi lain yang bermanfaat untuk mempercepat penurunan berat badan.

Karbohidrat olahan telah dilucuti kandungan nutrisi dan seratnya selama pemrosesan, menghasilkan produk akhir yang miskin nutrisi.

Terlebih lagi, mereka biasanya memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang berarti mereka dicerna dan diserap dengan cepat.

Pencernaan yang cepat menyebabkan lonjakan dan menabrak kadar gula darah, diikuti oleh meningkatnya rasa lapar.

Mengkonsumsi karbohidrat olahan dalam jumlah tinggi juga dikaitkan dengan peningkatan lemak tubuh dan penambahan berat badan.

Sebagai contoh, satu penelitian pada 2.834 orang menemukan asupan karbohidrat olahan yang lebih tinggi dikaitkan dengan peningkatan lemak perut sementara asupan yang lebih besar dari biji-bijian utuh dikaitkan dengan lebih sedikit lemak perut.

Studi kecil lainnya memiliki temuan yang serupa, melaporkan bahwa diet kaya biji-bijian menurunkan berat badan dan asupan kalori dibandingkan dengan diet yang berfokus pada biji-bijian olahan.

Untuk memulainya, tukar saja biji-bijian olahan dengan pasta, roti putih, sereal, dan produk yang sudah dikemas untuk alternatif yang sehat dan gandum seperti couscous, quinoa, beras merah atau gandum.

5. Mulai Angkat Berat

olahraga
olahraga (Fit & Fierce Mama - WordPress.com)

10 Manfaat Konsumsi Avokad Setiap Hari, Bisa Menurunkan Berat Badan dan Melindungi Jantung

Menambahkan latihan ketahanan pada rutinitas kamu dapat meningkatkan pembakaran lemak dan metabolisme untuk membantu membakar lebih banyak kalori, bahkan saat istirahat.

Satu ulasan menunjukkan 10 minggu pelatihan resistensi dapat meningkatkan metabolisme sebesar 7%, menstabilkan gula darah pada mereka yang menderita diabetes dan menyebabkan 4 pon (1,8 kg) kehilangan lemak pada orang dewasa ( 12 ).

Sementara itu, penelitian lain pada 94 wanita menyarankan pelatihan ketahanan menjaga massa dan metabolisme bebas lemak setelah penurunan berat badan, memungkinkan tubuh membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Mulailah dengan melakukan latihan berat badan di rumah, seperti squat, papan dan lunge.

6. Makan Lebih Banyak Serat

Buah-buahan asam
Buah-buahan asam (pexels.com)

3 Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan, Satu di Antaranya Menghindari Makanan Olahan

Serat bergerak perlahan dan tidak tercerna melalui saluran pencernaan, memperlambat pengosongan perut untuk membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Satu studi pada pria sehat menemukan bahwa mengkonsumsi 33 gram serat tidak larut, yang umumnya ditemukan dalam gandum dan sayuran, efektif dalam mengurangi nafsu makan dan asupan makanan.

Efek kenyang meningkatkan serat dapat menghasilkan manfaat besar dalam hal pengendalian berat badan.

Satu ulasan melaporkan peningkatan asupan serat sebanyak 14 gram per hari dikaitkan dengan pengurangan 10% dalam asupan kalori dan 4,2 pon (1,9 kg) penurunan berat badan selama periode empat bulan, bahkan tanpa membuat perubahan pola makan atau gaya hidup lainnya.

Selain itu, penelitian 20 bulan pada 252 wanita menemukan bahwa setiap gram serat makanan yang dikonsumsi dikaitkan dengan 0,5 pon (0,25 kg) lebih sedikit berat badan dan 0,25% lebih sedikit lemak tubuh.

Buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber serat yang sangat baik yang merupakan bagian integral dari diet penurunan berat badan yang sehat.

7 Negara dengan Kuliner Paling Aneh di Dunia, Berani Coba Blood Sausage?

Promo KFC - BELI 3 GRATIS 1 untuk pembelian PAKET SUPER BESAR 1, Simak Syarat dan Ketentuannya

7 Sajian Sehat untuk Sarapan yang Praktis Dibuat Sendiri di Rumah, Butuh Waktu Kurang dari 7 Menit

5 Hotel Murah Dekat Cimory Mountain View, Tarif Mulai Dari Rp 150 Ribuan Cocok untuk Backpacker

Rekomendasi 7 Hotel Murah Dekat Jatim Park 1 dan 3, Tarif Per Malam Mulai Rp 80 Ribu

Ikuti kami di
Penulis: Ambar Purwaningrum
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved