Breaking News:

Prancis Buka Perbatasan Bagi Pelancong Afrika Selatan yang Divaksinasi Penuh Tanpa Karantina

Menyusul Jerman, Prancis sekarang menjadi negara terbaru di Eropa yang membatalkan larangan perjalanan terhadap Afrika Selatan.

Penulis: Sinta Agustina
Editor: Nurul Intaniar
Unsplash/Il Vagabiondo
Menara Eiffel, Paris, Prancis 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pembatasan perjalanan internasional yang diberlakukan di Afrika Selatan setelah ditemukannya varian virus corona Omicron perlahan-lahan dilonggarkan.

Menyusul Jerman, Prancis sekarang menjadi negara terbaru di Eropa yang membatalkan larangan perjalanan terhadap Afrika Selatan.

Dilansir TribunTravel dari businessinsider.co.za, Prancis telah menghapus Afrika Selatan dari daftar merah merah (red list).

Ini memungkinkan pelaku perjalanan dari Afrika Selatan yang divaksinasi masuk tanpa perlu dikarantina atau memberikan alasan mendesak untuk bepergian.

Baca juga: Pelaku Perjalanan dari Prancis dan 13 Negara Dilarang Masuk Indonesia untuk Sementara

Prancis bergabung dengan sejumlah negara seperti Inggris Raya, Jerman, Belanda, dan Denmark sebagai negara terbaru di Eropa yang membuka kembali untuk pelancong Afrika Selatan yang divaksinasi penuh.

Penghapusan Afrika Selatan dari daftar merah merah dikonfirmasi oleh Kedutaan Besar Prancis di Afrika Selatan pada Kamis (6/1/2022).

Bandara Internasional Charles de Gaulle, Paris, Prancis
Bandara Internasional Charles de Gaulle, Paris, Prancis (Flickr/tauma)

Kendati demikian, pelancong Afrika Selatan masih tunduk pada protokol pengujian Covid-19, sementara persyaratan untuk karantina, bahkan jika divaksinasi sepenuhnya, telah dibatalkan.

Semua pelaku perjalanan dari Afrika Selatan berusia 12 tahun ke atas, terlepas dari status vaksinasi mereka, harus menunjukkan hasil negatif PCR atau tes antigen yang diambil kurang dari 48 jam sebelum penerbangan saat menaiki pesawat.

Pelancong juga dapat diminta untuk melakukan tes antigen pada saat kedatangan.

Di bawah aturan baru, pelancong yang divaksinasi tidak perlu menyediakan alasan mendesak untuk bepergian.

Baca juga: Aturan Perjalanan Baru ke Prancis, Turis Lansia Harus Sudah Suntik Booster Covid-19

Baca juga: Di Restoran Ini, Kamu Bisa Makan Hidangan Mewah Prancis Sepuasnya dengan Harga Terjangkau

Pelaku perjalanan ke Prancis harus menunjukkan dokumen yang membuktikan status vaksinasi mereka dan pernyataan tersumpah yang menyatakan tidak adanya gejala Covid-19 dan kontak apapun dengan kasus Covid-19 yang dikonfirmasi.

Sebelumnya pelancong dari Afrika Selatan dilarang dari sebagian besar Eropa pada akhir November 2021 sebagai tanggapan atas penemuan varian baru Covid-19 Omicron.

Larangan ini diberlakukan oleh sekitar 70 negara di Afrika Selatan dan tetangganya dikritik sebagai diskriminatif dan tidak ilmiah.

(TribunTravel.com/Sinta A.)

Baca juga: Prancis Tangguhkan Penerbangan dari 7 Negara Afrika Selatan Akibat Varian Baru Omicron

Baca juga: Prancis Larang Perjalanan Non-Esensial dari Inggris Akibat Munculnya Varian Baru Omicron

Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved