Breaking News:

Jadi Syarat Bepergian, Begini Cara Pakai Aplikasi PeduliLindungi

Aplikasi PeduliLindungi kini sudah diterapkan sebagai syarat bepergian dan memasuki tempat umum di beberapa kota di Indonesia.

Penulis: Nurul Intaniar
Editor: Nurul Intaniar
TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Petugas security dibantu Pollux National Network Mal Paragon Semarang membantu pengunjung melalukan scan barcode untuk mengetahui bukti vaksinasi sebelum masuk Mal Paragon dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi, Selasa (10/8/21). 

TRIBUNTRAVEL.COM - Aplikasi PeduliLindungi kini sudah diterapkan sebagai syarat memasuki tempat umum di beberapa kota di Indonesia.

Seperti memasuki mall, restoran, termasuk kunjungan ke sejumlah tempat wisata.

Bahkan kini layanan tersebut telah diterapkan sebagai syarat bepergian menggunakan moda transportasi darat, laut, maupun udara di masa pandemi Covid-19 mulai Sabtu (28/8/2021), lapor Kompas.com.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, Kemenhub telah berkoordinasi dengan para operator transportasi untuk mempersiapkan penerapan aplikasi tersebut. "Melalui penerapan aplikasi PeduliLindungi ini, diharapkan bisa mengelola mobilitas di tengah pandemi dengan baik,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang dikutip pada Sabtu.

Baca juga: 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Traveler saat Bepergian, Termasuk Ketinggalan Pesawat

Sertifikat vaksin Covid-19 pertama dan kedua dapat dicek melalui aplikasi PeduliLindungi atau pedulilindungi.id. Sertifikat vaksin Covid-19 ini bisa jadi syarat untuk masuk ke mal.
Sertifikat vaksin Covid-19 pertama dan kedua dapat dicek melalui aplikasi PeduliLindungi atau pedulilindungi.id. Sertifikat vaksin Covid-19 ini bisa jadi syarat untuk masuk ke mal. (Tangkap layar akun YouTube Peduli Lindungi Aplikasi PeduliLindungi)

Mengenal Aplikasi PeduliLindungi

Mengakses dari situs resmi PeduliLindungi, PeduliLindungi merupakan sebuah aplikasi yang telah dikembangkan untuk membantu pemerintah melakukan pelacakan dan menghentikan penyebaran Covid-19.

Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan.

Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi Covid-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.

Baca juga: Syarat Wajib Bagi Wisatawan yang Bepergian ke Inggris: Karantina 10 Hari di Hotel

Petugas security dibantu Pollux National Network Mal Paragon Semarang membantu pengunjung melalukan scan barcode untuk mengetahui bukti vaksinasi sebelum masuk Mal Paragon dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi, Selasa (10/8/21).
Petugas security dibantu Pollux National Network Mal Paragon Semarang membantu pengunjung melalukan scan barcode untuk mengetahui bukti vaksinasi sebelum masuk Mal Paragon dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi, Selasa (10/8/21). (TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA)

Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi

Cara menggunakan aplikasi PeduliLindungi ini terbilang cukup mudah.

Halaman
123
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved