Breaking News:

CDC Imbau Penumpang dan Awak Kapal Pesiar Perlu Divaksinasi Covid-19 Sebelum Kembali Berlayar

Menurut panduan terbaru CDC terkait perjalanan kapal pesiar, penumpang dan awak diimbau untuk divaksinasi sebelum kembali berlayar.

Flickr/ Gary Bembridge
Ilustrasi - penumpang dan awak kapal pesiar diimbau untuk mendapatkan vaksinasi sebelum kembali berlayar. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mendorong semua penumpang dan awak kapal pesiar di masa depan untuk mendapatkan vaksin COVID-19 sebelum berlayar.

Imbaun ini disampaikan oleh CDC dalam panduan terbaru terkait perjalanan kapal pesiar yang dirilis pada Jumat (2/4/2021).

"Karena semakin banyak orang yang divaksinasi penuh, pendekatan bertahap memungkinkan CDC memasukkan kemajuan ini ke dalam perencanaan untuk dimulainya kembali perjalanan kapal pesiar ketika aman untuk melakukannya," tulis badan itu dalam Framework for Conditional Sailing Order (CSO) yang telah diperbarui.

"CDC merekomendasikan bahwa semua personel pelabuhan dan pelancong (penumpang dan awak) yang memenuhi syarat harus mendapatkan vaksin COVID-19 ketika itu tersedia untuk mereka," jelasnya.

Baca juga: Kapal Pesiar Raksasa Dilarang Berlabuh di Pusat Kota Venesia, Ini Alasannya

Melansir laman Travel + Leisure, beberapa jalur pelayaran mengatakan mereka akan meminta penumpang dewasa untuk divaksinasi saat pelayaran dilanjutkan.

Seperti diketahui, beberapa jalur pelayaran telah merencanakan perjalanan di Karibia dan Eropa musim panas ini.

Ilustrasi - CDC mendorong semua penumpang dan awak kapal pesiar di masa depan untuk mendapatkan vaksin COVID-19 sebelum berlayar.
Ilustrasi - CDC mendorong semua penumpang dan awak kapal pesiar di masa depan untuk mendapatkan vaksin COVID-19 sebelum berlayar. (Flickr/ Roderick Eime)

Namun, perjalanan tersebut hanya diperuntukkan bagi penumpang yang sudah divaksinasi penuh.

Selain vaksin, CDC mengatakan uji coba kapal pesiar dapat segera dimulai sebagai cara bagi perusahaan pelayaran untuk mempraktikkan prosedur COVID-19 dengan para sukarelawan.

Konsep tersebut, yang awalnya diumumkan tahun lalu, telah menarik banyak calon penjelajah yang sudah tak sabar ingin berlayar kembali.

"Fase berikutnya dari CSO akan mencakup simulasi (uji coba) pelayaran yang akan memungkinkan awak dan personel pelabuhan untuk mempraktikkan prosedur operasional COVID-19 baru dengan relawan sebelum berlayar dengan penumpang," tulis CDC.

"CDC berkomitmen akan bekerja sama dengan industri pelayaran dan mitra pelabuhan untuk melanjutkan pelayaran jika aman melakukannya, mengikuti pendekatan bertahap yang diuraikan dalam CSO," jelasnya.

Badan tersebut juga memperbarui panduan kode warna, mengurangi durasi fase dari 28 hari menjadi 14 hari berdasarkan peningkatan ketersediaan pengujian onboard, protokol pengujian rutin, dan pelaporan harian.

Panduan yang diperbarui juga datang ketika CDC mengatakan penduduk Amerika Serikar yang divaksinasi dapat melakukan perjalanan ke seluruh negeri tanpa perlu karantina atau menjalani tes, serta tidak harus karantina setelah kembali dari perjalanan internasional.

Baca juga: Terjebak di Terusan Suez, Kapal Kontainer Sebabkan Kemacetan Lebih dari 100 Kapal di Perairan Mesir

Baca juga: Keliling Dunia Tahun 2023, Tiket Kapal Pesiar Ini Ludes Terjual Dalam Hitungan Jam

Baca juga: Fasilitas dan Tarif Kapal Augustine Phinisi, Pilihan Baru Menikmati Wisata Bahari di Jakarta

Baca juga: Perusahaan Kapal Pesiar Ini Akan Lanjutkan Pelayaran untuk Penumpang yang Telah Divaksinasi

Baca juga: Perusahaan Kapal Pesiar Ini Tawarkan Pelayaran Tanpa Tujuan Bagi Penumpang yang Sudah Divaksinasi

(TribunTravel.com/Muhammad Yurokha M)

Baca selengkapnya soal Kapal Pesiar di sini.

Ikuti kami di
Penulis: Muhammad Yurokha May
Editor: Nurul Intaniar
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved