Breaking News:

Pesawat Kargo Terbesar di Dunia Mendarat di Bandara YIA Kulon Progo, Kapasitas Muatan hingga 150 Ton

Pesawat kargo charter Antonov Internasional AN124-100 berhasil mendarat dan lepas landas di Bandara Internasional Yogyakarta ( YIA) Rabu (10/3/2021).

Editor: Rizky Tyas Febriani
TRIBUNJOGJA/ Sri Cahyani Putri
Suasana arus balik libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Bandara YIA, Kulon Progo 

TRIBUNTRAVEL.COM - Bandara Yogyakarta International Airport di Kulon Progo mampu menampung pesawat berbadan besar.

Hal itu telah dibuktikan dengan pesawat kargo charter Antonov Internasional AN124-100 yang berhasil mendarat dan lepas landas di Bandara Internasional Yogyakarta ( YIA) di Kulon Progo pada Rabu (10/3/2021).

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, kesuksesan melayani operasional pesawat terbesar kedua di dunia tersebut menunjukkan kualitas fasilitas sisi udara Bandara Internasional Yogyakarta yang memang terbaik.

Pesawat Antonov AN124-100 dari Bandara Sultan Ismail Johor Baru Malaysia berhasil mendarat dengan mulus di YIA pada pukul 09.42 WIB dan lepas landas menuju Colombus Amerika Serikat pada pukul 16.55 WIB.

Pesawat ini mengangkut 62 ton kargo berisi komoditas wire harness (kabel).

Penerbangan ini menjadi penerbangan ekspor kargo yang pertama kali menggunakan pesawat Antonov.

Pesawat Antonov 124-100 merupakan pesawat kargo berbadan besar terbesar kedua di dunia buatan Ukraina yang memiliki kapasitas muatan hingga 150 ton.

“Hal tersebut, salah satunya, didukung dengan pavement classification number atau tingkat kekerasan runway, taxiway dan apron yang lebih besar daripada spesifikasi landasan yang dibutuhkan untuk kebutuhan pendaratan dan penerbangan pesawat Antonov AN124-100.

Adapun tingkat kekerasan atau PCN runway YIA yaitu 93/F/C/X/T, PCN taxiway yaitu 93/F/C/X/T, dan PCN apron yaitu 107/R/C/X/T. Sementara dimensi panjang runway yaitu 3.250 x 45 meter persegi," ujar Faik dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Kelancaran pelayanan terhadap operasional Antonov 124-100 di YIA tersebut, lanjut Faik Fahmi, juga didukung dengan kesiapan personel pendukung, baik di sisi udara maupun di sisi darat, penanganan kargo yang sudah datang di YIA sejak Minggu 7 Maret lalu.

Penanganan proses pemeriksaan kargo, hingga proses labelling security, customs check dan penempatan barang kargo di area steril yang dilakukan secara baik dan benar.

YIA saat ini memiliki dua terminal kargo yaitu domestik dan internasional, dengan luas 3.546 meter persegi.

Daya tampung hingga 390 ton untuk kargo domestik, serta 2.304 meter persegi dengan daya tampung 250 ton untuk kargo internasional.

Hingga saat ini, YIA telah melayani clearance bea dan cukai untuk komoditi ekspor kargo ke beberapa negara seperti Korea Selatan, Jepang, Australia (Melbourne dan Sydney), Taiwan, Hongkong, Thailand, dan Singapura.

Baca juga: Pilot di India Dilarang Terbang Selama 48 Jam Setelah Menjalani Vaksinasi, Ini Alasannya

Baca juga: Terlibat Pertengkaran di Udara, Pilot dan Pramugara Ini Diskors dari Pekerjaannya

Baca juga: Harga Tiket Masuk dan Tarif Menginap di Chevilly Resort & Camp Terbaru 2021

Baca juga: Catat! Aturan Terbaru Kereta Api Jarak Jauh untuk Libur Isra Miraj dan Nyepi 2021

Baca juga: TRAVEL UPDATE: Ban Depan Rusak, Pesawat Batik Air Terpaksa Putar Balik setelah 30 Menit Terbang

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul https://jogja.tribunnews.com/2021/03/10/pesawat-antonov-an124-100-satu-kargo-pesawat-terbesar-di-dunia-mendarat-lepas-landas-di-bandara-yia

Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved