Breaking News:

Wisata ke Pulau Komodo Lebih Praktis Pakai Aplikasi INISA, Mudahkan Registrasi & Reservasi Online

Melalui aplikasi INISA, wisatawan dapat melakukan registrasi dan reservasi wisata ke Taman Nasional Komodo dengan lebih mudah.

dok Kemenparekraf
Satwa langka komodo, dengan habitat di Pulau Komodo dan Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur. Kini berwisata lebih mudah pakai aplikasi INISA. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Dalam rangka upaya konservasi habitat Komodo di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, pemerintah bekerjasama untuk membatasi kunjungan wisatawan per 1 Agustus 2022.

Sesuai perhitungan dan rekomendasi yang diperoleh dari hasil kajian, maka pembatasan jumlah wisatawan rencananya kurang lebih 200.000 orang per tahun.

Komodo, hewan endemik Indonesia
Komodo, hewan endemik Indonesia (Gambar oleh 5477687 dari Pixabay)

Guna menyukseskan pembatasan jumlah wisatawan ke Pulau Komodo, rencananya akan diterapkan sistem manajemen kunjungan yang terintegrasi berbasis reservasi online.

Dalam Konferensi Pers Taman Nasional Komodo: Peluncuran Sistem Wildlife Komodo yang dilaksanakan pada hari ini Jumat (29/7/2022), Koordinator Pelaksana Program Penguatan Fungsi Pulau Komodo, Pulau Padar dan Kawasan Perairan Sekitarnya, Carolina Noge menyebutkan bahwa wisatawan akan lebih mudah berkunjung menggunakan aplikasi INISA.

Baca juga: Wisatawan Tetap Bisa Lihat Komodo di Pulau Rinca, Sandiaga: Harga Tiketnya Sama

Aplikasi INISA adalah platform Digital yang bekerjasama dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan berbagai layanan dan fitur di dalamnya.

Tonton juga:

"Dalam aplikasi ini terhubung dengan Sistem Wildlife Komodo, sistem registrasi dan reservasi online sesuai kuota yang diperuntukkan bagi mereka yang hendak mengakses Pulau Komodo, Pulau Padar dan Kawasan Perairan sekitarnya," ujar Caroline.

"Mereka diajak untuk berkontribusi lebih untuk upaya konservasi yang perlu dikompensasikan saat kunjungan dalam rangka menjaga kelestarian ekosistem Taman Nasional Komodo," imbuhnya.

Pilihan Menu Aplikasi INISA

Wisatawan di kawasan Loh Liang Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur.
Wisatawan di kawasan Loh Liang Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. (dok Kemenparekraf)

Baca juga: Cerita Sandiaga Uno Naik Kapal Phinisi Bareng Jokowi di Perairan TN Komodo: Super Keren Banget

Dalam Aplikasi INISA Sistem Wildlife Komodo memiliki empat menu utama yakni Reservation, My Itinerary, My Account dan E-Book.

Menu Reservasi digunakan untuk memilih berbagai layanan termasuk layanan transportasi dengan rute terpilih antara bandara, hotel, pelabuhan dan berbagai aktivitas di Pulau Komodo, Pulau Padar dan Kawasan Perairan Sekitarnya.

Setelah semua reservasi dilakukan, agenda perjalanan dapat dilihat dalam Menu My Itinerary.

Dan terakhir ada Panduan Wisata Konservasi di Taman Nasional Komodo yang dapat wisatawan baca dan jadikan acuan ketika liburan ke Nusa Tenggara Timur.

Selain itu keunggulan aplikasi INISA dibanding aplikasi tourism lainnya yakni terletak pada kemudahan wisatawan dalam mendapatkan sejumlah informasi dan layanan terkait wisata di Nusa Tenggara Timur.

Halaman
12
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved