Breaking News:

Tradisi Idul Adha di Kota Malang, Warga Mengarak Hewan Kurban sebelum Disembelih

Warga di Kota Malang melakukan tradisi unik dengan mengarak hewan kurban keliling jalanan sebelum disembelih pada Minggu (10/7/2022).

Editor: Nurul Intaniar
Alwi Hafizh A. /Unsplash
Ilustrasi sapi yang hendak dikurban. Warga di Kota Malang melakukan tradisi unik dengan mengarak hewan kurban keliling jalanan sebelum disembelih pada Minggu (10/7/2022). 

TRIBUNTRAVEL.COM - Ada berbagai tradisi menjelang Idul Adha di berbagai daerah.

Sebut saja di Indonesia, beberapa kota memiliki tradisi unik dan seru yang dilakukan tepat sebelum Hari Raya Idul Adha.


TRADISI: Warga dan Remaja Masjid Noor kelurahan Sukoharjo, Kota Malang, mengarak puluhan ekor hewan kurban dan berkeliling kampung, Minggu (10/7/2022). Tradisi yang telah dilakukan sejak puluhan tahun silam ini merupakan tradisi warga sekitar sebelum hewan kurban disembelih di perayaan Hari Raya Idul Adha.Sebanyak 80 hewan kurban diarak dalam tradisi diantaranya 77 ekor kambing dan 3 sapi.
TRADISI: Warga dan Remaja Masjid Noor kelurahan Sukoharjo, Kota Malang, mengarak puluhan ekor hewan kurban dan berkeliling kampung, Minggu (10/7/2022). Tradisi yang telah dilakukan sejak puluhan tahun silam ini merupakan tradisi warga sekitar sebelum hewan kurban disembelih di perayaan Hari Raya Idul Adha.Sebanyak 80 hewan kurban diarak dalam tradisi diantaranya 77 ekor kambing dan 3 sapi. (SURYAMALANG.COM/Purwanto)

Seperti di Kota Malang misalnya, biasanya para warga juga akan melakukan tradisi Idul Adha dengan hewan kurban yang sudah tersedia.

Dilansir dari Suryamalang.com, para warga dan remaja Masjid Noor Kelurahan Sukoharjo, Kota Malang, Jawa Timur menggelar tradisi unik saat Idul Adha 2022.

Baca juga: 9 Tradisi Idul Adha Unik dari Berbagai Daerah di Indonesia, Mepe Kasur hingga Merias Hewan Kurban

Mereka memeriahkan momen Idul Adha 2022 dengan mengarak hewan kurban keliling kampung, sebelum disembelih pada Minggu (10/7/2022).

Ada setidaknya 80 hewan kurban yang diarak keliling jalan pagi tadi.

Tradisi unik jelang Idul Adha 2022 tersebut diikuti pula oleh anak-anak yang dengan seru memegangi tali ikat pada kambing.

Adapun hewan kurban yang ikut diarak keliling jalanan meliputi kambing dan sapi.

Ratusan Para Remaja Masjid dengan menamakan diri Black Embek untuk seru-seruan ini mengarak keliling jalanan dengan start di Masjid Noor Sukoharjo.

Hewan-hewan kurban itu lalu diarak melalui jalan raya dan jalan kampung di wilayah RW 7 dan RW 6, Sukoharjo yang dikenal sebagai kawasan Kidul Pasar (sebelah Selatan Pasar).

Arak-arakan hewan korban lalu kembali finish di Masjid Noor.

Aswin Muzaki Ketua Panitia Kurban Idul Adha Masjid Noor Kota Malang menyebut kegiatan ini merupakan tradisi yang sudah dijalankan warga selama ini, sebagi puncak peringatan Idul Adha.

Tradisi mengarak sapi dan kambing kurban ini juga sebagai salah satu bentuk syiar .

"Ini merupakan syiar dan tradisi turun temurun" ujarnya.

Baca juga: Tips Memasak Sup Kambing Agar Tak Meninggalkan Bau Prengus, Bisa Dicoba saat Idul Adha 2022

Baca juga: Resep Sate Kambing Kecap Sederhana untuk Dicoba saat Idul Adha 2022, Cuma 4 Langkah Saja

Ilustrasi sapi yang hendak dikurban. Wabah PMK membuat kita harus ekstra waspada saat mengolah daging kurban.
Ilustrasi sapi yang hendak dikurban. Wabah PMK membuat kita harus ekstra waspada saat mengolah daging kurban. (Alwi Hafizh A. /Unsplash)
Halaman
12
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved