Breaking News:

PPKM Darurat

Cerita Warga Tangerang Pilih Mudik Lebih Awal Sebelum PPKM Darurat Diberlakukan

Mendengar wacana pemberlakuan PPKM Darurat di Jawa dan Bali, sejumlah warga memilih mudik ke kampung halaman sebelum kebijakan tersebut diberlakukan.

Penulis: Ratna Widyawati
Editor: Nurul Intaniar
TRIBUNNEWS.COM
ILUSTRASI bus untuk mudik 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pemerintah resmi menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali mulai hari ini, Sabtu (3/7/2021).

PPKM Darurat ini diberlakukan di 48 Kabupaten/ Kota di Jawa dan Bali dan berlangsung hingga 20 Juli 2021 mendatang.

Mendengar kebijakan pemberlakuan PPKM Darurat di Jawa dan Bali, sejumlah warga memilih mudik ke kampung halaman sebelum kebijakan PPKM Darurat diberlakukan.

Baca juga: PPKM Darurat Mulai 3 Juli, Bagaimana Syarat Naik Kereta Jarak Jauh dari Jakarta?

Dilansir dari Wartakotalive, Sabtu (3/7/2021), Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, Banten, terlihat ramai dengan hiruk pikuk warga yang bepergian ke luar kota atau mudik pada Jumat (2/7/2021).

Seorang warga Tangerang bernama Riski menyebutkan bahwa dirinya terpaksa memajukan jadwal kepergiannya.

Riski bersama keluarganya yang berjumlah empat orang memiliki rencana berangkat ke Brebes, Jawa Tengah pada bulan depan.

Terminal Poris Tangerang mendadak ramai pemudik, Jumat (2/7/2021). Mereka yang mudik beralasan demi menghindari aturan PPKM darurat yang berlaku mulai 3 Juli hingga 20 Juli 2021.
Terminal Poris Tangerang mendadak ramai pemudik, Jumat (2/7/2021). Mereka yang mudik beralasan demi menghindari aturan PPKM darurat yang berlaku mulai 3 Juli hingga 20 Juli 2021. (Wartakotalive.com/Gilbert Sem Sandro)

Namun, setelah mendengar peraturan PPKM Darurat yang diresmikan kemarin, Riski beserta keluarganya memajukan jadwal keberangkatan menjadi Jumat (2/7/2021) sore.

Hal tersebut mereka lakukan, untuk menghindari kemungkinan jika PPKM Darurat diperpanjang.

"Rencananya saya dan keluarga mudik bulan depan, akan tetapi setelah melihat keputusan penerapan PPKM Darurat, saya dan keluarga memutuskan berangkat lebih cepat," ujar Riski di Terminal Poris Plawad, Tangerang, Jumat (2/6/2021).

Baca juga: Mulai 3 Juli, Seluruh Tempat Wisata di Gunungkidul Tutup saat PPKM Darurat

Baca juga: PPKM Darurat, Wisata Pantai di Bantul Akan Tutup

Lebih lanjut menurut Riski, bagi masyarakat yang memilih pergi ke luar kota di hari ini (Jumat--red), belum ada persyaratan khusus yang harus di lengkapi penumpang.

Serta tidak akan terjadi penyekatan di jalan sebelum sampai tujuan.

Pantauan Wartakotalive.com hingga pukul 17.30 WIB, terlihat lima unit bus tujuan luar kota yang bersiap untuk berangkat dari Terminal Poris, Tangerang.

Terminal Poris Tangerang mendadak ramai pemudik, Jumat (2/7/2021). Mereka yang mudik beralasan demi menghindari aturan PPKM darurat yang berlaku mulai 3 Juli hingga 20 Juli 2021.
Terminal Poris Tangerang mendadak ramai pemudik, Jumat (2/7/2021). Mereka yang mudik beralasan demi menghindari aturan PPKM darurat yang berlaku mulai 3 Juli hingga 20 Juli 2021. (Wartakotalive.com/Gilbert Sem Sandro)

Selain itu, terlihat juga puluhan penumpang bersiap menunggu jadwal keberangkatan, sambil menduduki barang bawaan milik mereka.

Kondektur bus juga terlihat lalu lalang membantu mengangkat barang bawaan milik penumpang yang sudah berumur.

Menurut Surya, petugas terminal yang bertugas melayani karcis untuk para penumpang.

Sampai saat ini, belum ada himbauan atau aturan khusus yang di terapkan pemerintah, bagi masyarakat yang ingin bepergian keluar Jabodetabek.

"Belum ada aturan khusus untuk hari ini bagi penumpang. Mungkin besok (Sabtu ini--red) baru ada, saat PPKM Darurat sudah resmi diterapkan," kata Surya.

Tonton juga:

Baca juga: Syarat Penumpang Citilink Selama PPKM Darurat di Jawa dan Bali

Baca juga: Ikuti Arahan PPKM Darurat, PT KAI Minta Penumpang untuk Perketat Protokol Kesehatan

(TribunTravel.com/ Rwid)

Baca selengkapnya seputar PPKM Darurat, di sini.

Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved