Breaking News:

Larangan Mudik 2021, Pemprov Jateng Tambah Titik Penyekatan di Brebes

Guna mengantisipasi pemudik dari wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bakan menambah titik penyekatan di Brebes.

TRIBUN JATENG/M ZAENAL ARIFIN
Pintu tol Brebes Barat 

TRIBUNTRAVEL.COM - Guna mengantisipasi pemudik dari wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bakan menambah titik penyekatan di Brebes.

Penambahan ini guna mengantisipasi warga yang masih nekat untuk mudik di masa larangan mudik Lebaran 2021.

Dilansir dari Tribun Jateng, Jumat (30/4/2021), Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, Henggar Budi Anggoro mengatakan akan ada tiga shif atau kelompok personal yang berjaga di titik penyekatan, terutama di perbatasan atau daerah antar provinsi.

Baca juga: Saat Larangan Mudik Lebaran 6-17 Mei 2021, KAI Daop 4 Semarang Hanya Operasikan Kereta Api Ini Saja

Personel yang berjaga merupakan gabungan dari TNI, Polri, Kementerian Perhubungan, Dinas Perhubungan Provinsi dan kabupaten atau kota, serta Satuan Polisi Pamong Praja.

Semua personel di bawah kendali dari Polri, sedangkan instansi lain sifatnya diperbantukan atau BKO.

"Semua support pada satu titik-titik tersebut. Maling sama yang dimaling itu kan biasanya pintar malinge, mereka akan mencari jalan mana yang tidak dijaga petugas, termasuk mencari jalan tikus. Kadang-kadang ada yang mencari celah dengan menunggu petugas capek," kata Henggar, Rabu (28/4/2021).

Mudik lebaran lewat Jalur Tol Pejagan-Brebes
Mudik lebaran lewat Jalur Tol Pejagan-Brebes (Kompas.com/Kristianto Purnomo)

Petugas tidak hanya berjaga di jalan tol dan jalan arteri, tetapi penjagaan akan sampai ke jalan-jalan kecil atau jalan tikus.

Henggar menuturkan penambahan titik ada di pintu masuk Jateng di sisi barat.

Awalnya, ada empat titik yakni di Kecipir Losari dan Pejagan (Brebes) serta Patimuan dan Wanareja (Cilacap), kemudian ada penambahan dua titik.

"Ada dua jalur tikus dari Jabar ke Jateng yakni di Ciledug dan di Bojongsari. Dua tempat ini akan dilakukan penyekatan yang sering dijadikan jalur untuk pemudik mencari celah untuk masuk ke Jateng," jelasnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Ratna Widyawati
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved