Breaking News:

Ilmuwan Temukan Fosil Jamur Berusia 635 Juta Tahun yang Bantu Ungkap Awal Kehidupan

Para ilmuwan menemukan fosil jamur tertua di Bumi yang diprakirakan usianya 635 juta tahun.

SCIENCE ALERT/NATURE/Andrew Czaja
Fosil jamur darat tertua di Bumi. Fosil jamur ini berusia 635 juta tahun, ilmuwan mengatakan penemuan ini bisa membantu menguak sejarah masa lalu Bumi. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Para ilmuwan internasional China Selatan secara tak sengaja mendapatkan fosil jamur darat yang menakjubkan.

Temuan itu disebut sebagai fosil jamur darat tertua di Bumi.

Bahkan menurut tim peneliti, fosil jamur darat tertua di Bumi itu usianya sekira tiga kali lebih kuno dibanding dinosaurus paling tua yang pernah ditemukan sebelumnya.

Lalu, berapa usia fosil jamur darat tertua di Bumi ini sebenarnya?

Peneliti menyebut jika fosil tersebut berusia sekitar 635 juta tahun atau hidup pada periode ketika Bumi tengah memulihkan diri dari zaman es global.

Selama peristiwa tersebut, planet menyerupai bola salju besar.

Baca juga: Keren! Para Ilmuwan Bangun Kembali Otak Dinosaurus dan Ungkap Temuan Mengejutkan

Fosil jamur darat tertua di Bumi. Fosil jamur ini berusia 635 juta tahun, ilmuwan mengatakan penemuan ini bisa membantu menguak sejarah masa lalu Bumi.
Fosil jamur darat tertua di Bumi. Fosil jamur ini berusia 635 juta tahun, ilmuwan mengatakan penemuan ini bisa membantu menguak sejarah masa lalu Bumi. (SCIENCE ALERT/NATURE/Andrew Czaja)

Lautan beku dan tertutup lapisan es lebih dari satu kilometer.

Namun dalam hitungan yang cukup cepat, dunia mulai mencair tanpa bisa dijelaskan, memungkinkan kehidupan berkembang pesat di darat untuk pertama kalinya.

Temuan fosil jamur tertua ini pun menjadi salah satu petunjuk yang dapat membantu mengungkap masa lalu bumi setelah melewati zaman es global.

Hal ini lantaran jamur merupakan salah satu bentuk kehidupan pertama yang menempati bumi saat itu sebelum tanaman darat ada.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Nurul Intaniar
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved