Breaking News:

Panduan Lengkap Melakukan Tes GeNose C19 di Stasiun Kereta Api

Bagi kamu yang ingin naik kereta api jarak jauh wajib memiliki hasil pemeriksaan GeNose C19, sebagai dokumen perjalanan.

Dok. PT KAI
Pelanggan kereta api jarak jauh melakukan registrasi sebelum melakukan rapid test 

TRIBUNTRAVEL.COM - Bagi kamu yang ingin naik kereta api jarak jauh wajib memiliki hasil pemeriksaan GeNose C19, sebagai dokumen perjalanan.

Hal itu sudah diatur dalam Surat Edaran (SE) Nomor 5 Tahun 2021 mengenai Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Disebutkan di sana, khusus untuk perjalanan menggunakan kereta api di luar kawasan satu anglomerasi, calon penumpang bisa menggunakan hasil GeNose Test selain hasil tes PCR dan rapid antigen.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) pun telah mengumumkan, mulai tanggal 5 Februari 2021 calon penumpang kereta api jarak jauh bisa melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, sebelum jam keberangkatannya.

Hal ini tentu kabar yang sangat bagus bagi pencinta jalan-jalan, khusus pengguna kereta api, karena tarif tes GeNose jauh lebih murah dari tes rapid antigen apalagi tes PCR.

Kabarnya, tes Covid-19 dengan sampel napas itu bertarif Rp 15.000 sampai Rp 25.000.

Hanya saja, untuk saat ini layanan tes GeNose C19 itu baru bisa dilakukan di dua stasiun, yakni Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Pasarsenen Jakarta.

Syarat

Lalu, bagaimana caranya memperoleh tes ini di dua stasiun tersebut?

Tenang, PT KAI pun telah merilis panduan mengikuti tes GeNose C19 di stasiun, sebagaimana dilansir siaran pers PT KAI.

Pertama, ada syarat yang harus dipenuhi calon penumpang KA jarak jauh yang akan melakukan tes ini.

“Untuk melakukan pemeriksaan GeNose C19, calon penumpang harus dalam kondisi sehat, telah memiliki tiket, serta dilarang merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum pemeriksaan sampel napas,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Langkah pemeriksaan

Jika syarat-syarat tersebut telah terpenuhi, calon penumpang harus mendaftar di kaunter GeNose C19 test.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved