Breaking News:

AirAsia Kembali Layani Penerbangan Jakarta-Pontianak, Ada Syarat yang Harus Dipenuhi Penumpang

Menurut situs resmi AirAsia, hal itu sesuai arahan terkini dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar).

Instagram.com/@airasia_bhsindonesia
Maskapai AirAsia. 

TRIBUNTRAVEL.COMAirAsia Indonesia (kode penerbangan QZ) kembali melayani rute Jakarta- Pontianak-Jakarta mulai Rabu (30/12/2020).

Menurut situs resmi AirAsia, hal itu sesuai arahan terkini dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar).

Maka dari itu, AirAsia pun mengimbau seluruh calon penumpang yang akan menuju Pontianak untuk menyiapkan persyaratan, salah satunya hasil negatif tes swab PCR paling lama 7 kali 24 jam sebelum keberangkatan.

Adapun, surat keterangan hasil negatif tes swab berbasis PCR itu berlaku selama tujuh hari sejak tanggal pemeriksaan. Untuk anak umur 12 tahun ke bawah, mereka tidak wajib tes PCR maupun rapid test antigen.

Syarat itu sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19.

Syarat lain adalah mengisi kartu kewaspadaan elektronik (e-HAC) sebelum penerbangan yang dapat diakses melalui smartphone.

Pembatalan tanggal 28 dan 29 Desember 2020

Sementara itu, penerbangan AirAsia dari dan menuju Pontianak pada 28 dan 29 Desember 2020 mengalami pembatalan.

Para calon penumpang pun telah menerima informasi pembatalan penerbangan dan pilihan kompensasi melalui email atau SMS yang terdaftar.

Jika telanjur membeli tiket melalui situs atau aplikasi airasia.com, calon penumpang dapat menghubungi customer service AirAsia di support.airasia.com, Twitter @AVA_airasia, Facebook, atau Whatsapp.

Mereka juga dapat mengunjungi langsung konter customer service AirAsia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta maupun Bandara Internasional Supadio.

Jika pembelian tiket dilakukan melalui agen perjalanan, layanan group desk, atau pihak ketiga lainnya, maka calon penumpang dapat menghubungi pihak ketiga itu untuk mendapat layanan kompensasi.

Baca juga: Ngamuk, Pria Ini Pukul Penumpang Lain di Bandara karena Penerbangan Dibatalkan

Baca juga: 8 Klaim Asuransi Perjalanan Paling Aneh Sepanjang 2020

Baca juga: Terkenal Enak, 7 Kuliner Malam di Malang yang Legendaris Ini Harus Kamu Coba

Baca juga: Kantor Imigrasi Buka Pelayanan saat Akhir Tahun, Berikut Jadwalnya

Baca juga: Ingin Pesta Barbeku ala Korean Barbeque di Malam Tahun Baru 2021? Siapkan 14 Alat dan Bahan Ini

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul AirAsia Kembali Layani Rute Jakarta-Pontianak 30 Desember 2020.

Ikuti kami di
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved