Mulai 8 November, Amerika Serikat Terima Kunjungan Turis Asing yang Sudah Vaksinasi Penuh

Penulis: Nurul Intaniar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Hawaii, Amerika Serikat

TRIBUNTRAVEL.COM - Amerika Serikat sedang bersiap menerima kunjungan turis asing yang sudah divaksinasi penuh.

Dikatakan langsung oleh Kevin Munoz, Asisten Sekretaris Pers di Gedung Putih, turis asing akan dapat melakukan perjalanan ke Amerika Serikat mulai 8 November 2021.

"Kebijakan perjalanan baru AS, turis asing yang sudah vaksinasi penuh bisa masuk ke Amerika Serikat mulai 8 November," kata Kevin Munoz, asisten sekretaris pers Gedung Putih, di Twitter.

"Pengumuman dan tanggal ini berlaku untuk perjalanan udara internasional dan perjalanan darat. Kebijakan ini berpedoman pada kesehatan masyarakat, ketat, dan konsisten."

Kabar ini menjadi berita baik bagi industri perjalanan, yang telah melobi pemerintah federal untuk mencabut beberapa aturan yang menunda pariwisata internasional, serta maskapai penerbangan, hotel, dan grup perhotelan.

Baca juga: India Kembali Buka Wisata untuk Turis Asing, Siap Terbitkan Visa Baru Bagi Pelancong Internasional

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan bahwa ada "pengecualian yang sangat terbatas" sebagai persyaratan yang nantinya akan diumumkan lebih rinci sebelum tanggal 8 November.

Bandara Internasional Seattle-Tacoma, Amerika Serikat. (Flickr/ Jody Claborn)

“CDC telah memberi tahu maskapai penerbangan bahwa semua vaksin yang disetujui dan disahkan FDA, serta semua vaksin yang memiliki Daftar Penggunaan Darurat (EUL) dari WHO akan diterima untuk perjalanan udara. Kami mengantisipasi hal yang sama akan terjadi di perbatasan darat, " kata pejabat itu yang dikutip TribunTravel dari CNN.

Aturan yang sama juga akan berlaku bagi turis yang melakukan perjalanan dengan menumpang kapal feri.

"Para pelancong harus menunjukkan bukti status vaksinasi pada petugas CBP."

Kabar gembira ini diterima baik oleh Presiden dan CEO Airlines untuk Amerika Nick Calio yang mengatakan bahwa mereka senang jika akan dibuka kembali perbatasan untuk memulihkan perekonomian negara.

Mereka mengatakan bahwa dibukanya perbatasan ini sangat penting untuk pemulihan ekonomi.

Mereka menambahkan, "Kami telah melihat peningkatan penjualan tiket untuk perjalanan internasional selama beberapa minggu terakhir, dan sangat ingin mulai dengan aman menyatukan kembali keluarga, teman, dan kolega yang tak terhitung jumlahnya yang belum pernah bertemu dalam hampir dua tahun, jika tidak lebih lama."

Baca juga: Kabar Baik, Bali Siap Sambut Kembali Turis Asing

Baca juga: Traveling Sehari Cuma Modal Rp 72 Ribu, Turis Asing Ini Sebut Bali Sebagai Pulau Termurah di Dunia

Jembatan Brooklyn di New York, Amerika Serikat (dfsym /Pixabay)

Turis yang diizinkan masuk ke Amerika Serikat

Turis asing yang boleh memasuki Amerika Serikat antara lain India, China, Inggris, Afrika Selatan, Iran, dan Brasil.

Negara-negara tersebut diizinkan memasuki Amerika Serikat bersama dengan 26 negara Eropa, termasuk Yunani, Italia, Jerman, Swiss, Spanyol, dan Prancis.

Awal pekan ini, Gedung Putih mengumumkan berencana untuk melonggarkan pembatasan perjalanan bagi pengunjung yang divaksinasi penuh dari Kanada dan Meksiko mulai awal November.

Amerika Serikat telah membatasi perjalanan yang tidak penting di sepanjang perbatasannya dengan Kanada dan Meksiko sejak awal pandemi Covid-19 dan memperpanjang pembatasan tersebut setiap bulan.

Aturan baru, kata Gedung Putih, akan diluncurkan dalam pendekatan bertahap.

Fase pertama akan dimulai pada awal November dan akan memungkinkan pengunjung yang divaksinasi lengkap bepergian untuk alasan yang tidak penting, seperti mengunjungi teman atau untuk pariwisata, melintasi perbatasan darat AS.

Tahap kedua akan dimulai pada awal Januari 2022 dan akan menerapkan persyaratan vaksinasi untuk semua pelancong asing yang masuk.

(TribunTravel.com/ Nurul Intaniar)

Baca juga: 5 Daerah di Thailand yang Dibuka untuk Turis Asing Mulai 1 November

Baca juga: Thailand Buka Kunjungan Wisata Bagi Turis Asing yang Disuntik dengan 7 Vaksin Ini