Jarak Pandang Buruk, Pilot Ini Tertidur Selama 40 Menit saat Terbangkan Pesawat

Penulis: Nurul Intaniar
Ilustrasi pilot tidur di pesawat

TRIBUNTRAVEL.COM - Masih ada saja kejadian mengejutkan dalam dunia penerbangan.

Seperti yang baru-baru ini viral, seorang pilot tertidur ketika pesawat yang diterbangkan masih mengudara.

Seorang pilot pesawat Cessna tiba-tiba saja tertidur dalam penerbangan di Queensland selama 40 menit.

Selama pilot itu tertidur, pengawas lalu lintas udara dan pilot lain dari pesawat terdekat terus berusaha keras untuk membangunkannya.

Biro Keamanan Transportasi Australia mengungkapkan rincian insiden yang mengkhawatirkan pada Rabu (26/5/2021) dalam laporan terakhirnya setelah selesai penyelidikan.

Dalam penerbangan feri dari Cairns menuju Redcliffe pada Juli tahun lalu itu, seorang pilot mengalami kondisi dingin mendadak dan jarak pandang buruk karena awan yang tebal.

Baca juga: Pergi ke Bar saat Masa Pemantauan Kesehatan, Pilot dan Pramugari Harus Bayar Denda Rp 153 Juta

Cessna 208B (News Corp Australia via news.com.au)

Pilot itu terpaksa harus naik dari 10.000 kaki hingga 11.000 kaki, di mana ketinggian tersebut membutuhkan oksigen tambahan dalam pesawat tanpa tekanan.

Ketika pesawat Cessna 208B Grand Caravan berada sekira 53 km dari Bandara Sunshine Coast, pengawas lalu lintas udara berusaha menghubungi pilot itu untuk konfirmasi tentang pendaratannya di Redcliffe tetapi tidak mendapat tanggapan, selama 40 menit berikutnya.

Kemudian saat pilot itu terbangun, dia sadar telah melewati langit Redcliffe sekira 111 Km dan sedang mengudara di atas lautan.

Komunikasi lalu kembali tersambung, di mana pengawas lalu lintas udara melaporkan kalau dia sangat "grogi" dan tidak benar-benar menginginkannya pada kontak pertama.

Halaman
123