Tak Banyak yang Tahu, Ini Alasan Penumpang Selalu Diarahkan ke Pintu Sisi Kiri saat Naik Pesawat

Editor: Rizky Tyas Febriani
Ilustrasi pintu pesawat dan garbarata di sebelah kiri.

TRIBUNTRAVEL.COM - Pernahkah kamu bertanya-tanya, kenapa naik pesawat diarahkan dari pintu sisi sebelah kiri?

Selama ini mungkin kita tidak pernah memperhatikan hal tersebut.

Padahal ada fakta unik yang tak banyak orang tahu soal aturan naik pesawat dari sisi kiri ini.

Bahkan saat keluar pun kita juga diarahkan dari sisi kiri.

Kira-kira kenapa ya hanya pintu kiri yang digunakan?

Dikutip TribunTravel.com dari dailymail.co.uk, Andrew Stagg seorang penulis mengatakan "saya percaya penalarannya kembali ke teori kapal, yang memiliki sisi port (kiri) dan kanan (kanan)."

Stagg menambahkan sisi kanan kapal mirip dengan kemudi dimana saat di pelabuhan petugas selalu keluar dan masuk dari sisi kiri.

Karena itulah pesawat terbang juga dibuat mengikuti aturan kapal.

Kapten Dreamliner mengatakan "pintu layanan di sisi kanan lebih kecil untuk menjaga kekakuan dalam struktur pesawat terbang - semakin besar pintu, diperlukan penguatan lebih banyak di sekitar struktur pintu."

Dan karena penumpang masuk dan keluar dari sisi kiri, masuk akal jika kapten juga duduk di sisi kiri, untuk melakukan manuver pesawat sampai mendarat.

"Kapten itu duduk di sebelah kiri karena dia bertanggung jawab untuk memarkir pesawat terbang dan perlu melihat di dekat tangga atau jembatan udara," kata Dave Kistruck, Vice President, Airline Operations, di Virgin Atlantic.

Mantan patroli udara, Jim Gordo berkomentar jika dulu pernah ada pesawat yang menggunakan sisi kanan untuk lalu lintasnya.

Halaman
12