Breaking News:

Bandara Soekarno-Hatta Beri Layanan Bebas Visa Bagi Delegasi G20 dan Jurnalis Asing

Ditjen Imigrasi Memberikan layanan bebas visa untuk delegasi G20 dan para jurnalis asing yang akan meliput KTT G20 di Bali.

Editor: Nurul Intaniar
Flickr/Revjoy
Ilustrasi visa Indonesia. Ditjen Imigrasi Memberikan layanan bebas visa untuk delegasi G20 dan para jurnalis asing yang akan meliput KTT G20 di Bali pada November 2022. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Bagian Imigrasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta Kelas I Tangerang, Banten sudah menyiapkan konter bebas visa.

Tapi bukan untuk sembarang orang, konter bebas visa di Bandara Internasional Soekarno-Hatta hanya diperuntukkan bagi delegasi G20 dan para jurnalis saja.

Suasana di Bandara Soekarno-Hatta
Suasana di Bandara Soekarno-Hatta. Ditjen Imigrasi Memberikan layanan bebas visa untuk delegasi G20 dan para jurnalis asing yang akan meliput KTT G20 di Bali. (Ambar Purwaningrum/TribunTravel)

Konter bebas visa yang ada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para delegasi G20 dan jurnalis asing.

Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi memberikan layanan bebas visa bagi delegasi G20 dan para jurnalis yang nantinya akan meliput KTT G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

Baca juga: Asyik! Ojek Motor Listrik Akan Jadi Angkutan Gratis untuk Peserta G20

Oleh sebab itu mereka akan diberikan akses masuk ke Indonesia bebas visa di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Izin masuk bebas visa kunjungan (BVK) akan diberikan langsung di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI)," ujar Kepala Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Muhammad Tito Andrianto Minggu (23/10/2022).

Kemudahan ini diberikan kepada delegasi G20 dan para jurnalis asing, agar nanti mereka tak perlu repot mengurus visa lagi.

Tito menjelaskan, pemberian bebas visa untuk delegasi dan jurnalis G20 diberikan sesuai dengan surat Direktorat Jenderal Imigrasi nomor IMI-GR.01.01-0738 tentang Dukungan Pemeriksaan Keimigrasian Terhadap Orang Asing Delegasi dan Jurnalis Asing Presidensi G20.

"Meskipun bebas visa namun pemeriksaan keimigrasian tentu tetap sesuai dengan peraturan yang berlaku," tegas Tito.

Peraturan tersebut sesuai Pemermenkumham Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Tata Cara Pemriksaan Masuk dan Keluar Wilayah Indonesia.

Untuk mendukung kelancaran G20 Imigrasi Soekarno-Hatta sudah melakukan beberapa persiapan, antara lain:

Baca juga: Pemerintah Indonesia Bebaskan Visa Kunjungan untuk Delegasi KTT G20

Prosedur pemeriksaan terbaru Bandara Soekarno-Hatta. Ditjen Imigrasi Memberikan layanan bebas visa untuk delegasi G20 dan para jurnalis asing yang akan meliput KTT G20 di Bali.
Prosedur pemeriksaan terbaru Bandara Soekarno-Hatta. Ditjen Imigrasi Memberikan layanan bebas visa untuk delegasi G20 dan para jurnalis asing yang akan meliput KTT G20 di Bali. (Instagram/ @angkasapura2)

1. Kesiapan petugas dan perangkat mobile unit Aplikasi Perlintasan Keimigrasian (APK) khusus untuk melakukan pemeriksaan keimigrasian terhadap delegasi G20 dan Jurnalis.

2. Lounge VVIP untuk delegasi setingkat Menteri.

3. Lounge khusus dengan perangkat Border Control Manajemen (BCM) terintegrasi dengan Bea Cukai dan KKP di Gate 1 Kedatangan Internasional untuk delegasi di bawah Menteri.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved