Breaking News:

Bandara Dhoho Kediri Jadi Bandara Pertama yang Dibangun Tanpa APBN, Siap Beroperasi pada 2023

Bandara Dhoho Kediri menjadi bandara pertama di Indonesia yang dibangun dengan pembiayaan swasta murni tanpa menggunakan dana negara atau APBN.

Dok. Pemkab Kediri
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat bertemu dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam kunjungan ke proyek pembangunan Bandara Dhoho Kediri, Minggu (17/7/2022). 

TRIBUNTRAVEL.COM - Bandara Internasional Dhoho Kediri menjadi bandara pertama di Indonesia yang dibangun dengan pembiayaan swasta murni.

Artinya, Bandara Internasional Dhoho Kediri dibangun tanpa menggunakan dana negara atau APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

Ilustrasi ruang tunggu di Bandara Internasional Dhoho Kediri, Jawa Timur. Bupati Kediri memastikan bahwa bandara ini siap beroperasi pada Oktober 2023 mendatang.
Ilustrasi ruang tunggu di Bandara Internasional Dhoho Kediri, Jawa Timur. Bupati Kediri memastikan bahwa bandara ini siap beroperasi pada Oktober 2023 mendatang. (Instagram/@bandara.kediri)

Terwujudnya Bandara Internasional Dhoho Kediri berkat perjanjian kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU), seperti dikutip dari laman dephub.go.id, Kamis (7/9/2022).

Pemrakarsanya adalah badan usaha (KPBU unsolicited) Bandara Baru Kediri dan perjanjiannya baru saja resmi ditandatangani.

Baca juga: Kemenhub Dorong Kesetaraan Aksesibilitas Transportasi Bagi Kelompok Rentan

Penandatanganan dilakukan oleh Plt Dirjen Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono dengan Presiden Direktur PT. Surya Dhoho Investama Istata Taswin Siddharta di Kantor Kemenhub Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Agenda ini juga disaksikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Adapun Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana yang menyaksikan secara daring.

“Ini momen bersejarah karena menjadi perjanjian KPBU unsolicited pertama di Indonesia,” ujar Luhut Binsar Pandjaitan.

KPBU unsolicited merupakan proyek yang diprakarsai dan diusulkan pembangunannya oleh badan usaha, bukan pemerintah.

Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi PT Surya Dhoho Investama yang berinisiatif membangun bandara baru.

Baca juga: Kemenhub Terbitkan 4 Surat Edaran Baru, Berlaku untuk Transportasi Darat, Laut, Udara & Kereta Api

Apresiasi juga disampaikan kepada Kementerian/Lembaga, pemerintah daerah dan instansi terkait, yang telah mendukung kelancaran proses pembebasan lahan, perizinan dan proses lain menyangkut percepatan pembangunan bandara.

“Alhamdulillah pembebasan lahan sudah terselesaikan dan saat ini pembangunannya sudah berjalan dengan baik,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa pembangunan bandara dengan model KPBU unsolicited ini bisa diikuti oleh swasta lainnya.

Baca juga: Kemenhub Lakukan Uji Coba Runway Bandara Halim Perdanakusuma, Siap Beroperasi September 2022

“Hal yang luar biasa, saat swasta membangun bandara, sehingga tidak perlu kantong (dana) APBN," kata Budi Karya Sumadi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved