Breaking News:

Viral Curhatan WNI yang Kesulitan Masuk Jerman Gara-gara di Paspor Tak Ada Kolom Tanda Tangan

Sebuah tweet di Twitter menjadi viral di mana pengguna menceritakan kisahnya yang kesulitan masuk Jerman gegara tak ada kolom tanda tangan di paspor.

( 7free ( talk ))/wikipedia
Isi paspor Indonesia. Sebuah tweet di Twitter menjadi viral di mana seorang pengguna menceritakan kisahnya yang kesulitan masuk Jerman gegara tak ada kolom tanda tangan di paspornya. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Sebuah tweet di Twitter menjadi viral di media sosial.

Tweet di Twitter yang menjadi viral itu menceritakan curhatan pengguna akun @gesgandenglah yang  kesulitan masuk ke wilayah Jerman.

Baca juga: Viral usai Muncul di Pengabdi Setan 2 & Terkesan Seram, Observatorium Bosscha Angkat Bicara

Ilustrasi paspor Indonesia. Viral di Twitter curhatan WNI yang kesulitan masuk Jerman gegara tak ada kolom tanda tangan di paspor.
Ilustrasi paspor Indonesia. Viral di Twitter curhatan WNI yang kesulitan masuk Jerman gegara tak ada kolom tanda tangan di paspor. (Flickr/ susi.bsu)

Baca juga: Viral Momen Menegangkan Pesawat Terbang Rendah dan Hampir Menghantam Wisatawan di Pantai

Apa yang menjadi viral adalah karena paspor miliknya dinyatakan tidak valid di Kedutaan Jerman.

"Hallo @ditjen_imigrasi, saya mau tanya dong, kenapa bisa ya imigrasi ngeluarin paspor yang tidak bisa valid di kedutaan Jerman? mereka bilang kalau paspor indonesia tdk sesuai aturan internasional. Kami ditolak dengan alasan tidak ada kolom tanda tangan dibagian lembar terakhir," cuit @gesgandenglah dikutip Jumat (12/8/2022).

Dia mengungkapkan bahwa dirinya sudah menanyakan hal dimaksud pada pihak pelayanan konsumen Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Baca juga: Viral YouTuber Mengayuh Sepeda Melewati Jembatan Eshima Ohashi Jepang yang Terkenal Ekstrem

Baca juga: Viral Wanita Meninggal Mendadak di Pesawat saat Penerbangan Jarak Jauh, Sempat Tidur 8 Jam

Namun, jawaban yang diterima tidak memberikan solusi.

"Apakah paspor baru (tanpa kolom tanda tangan pemegang) bisa diganti ke paspor lama (ada tanda tangan pemegang)? Jika bisa diganti apakah ada biaya tambahan? Terima kasih," tanya netizen itu.

"Tidak bisa kak," balas pihak Imigrasi.

Persoalan serupa juga dialami dua jurnalis yang hendak pergi ke Jerman. Berdasarkan penjelasan dalam situs visa.vfsglobal.com, disebutkan memang paspor Indonesia tanpa kolom tanda tangan tidak dapat diproses.

Terkait persoalan itu, dilansir dari situs tersebut, sedang diperiksa dengan kerja sama antara instansi pemerintah Jerman dan Indonesia yang berwenang.

"Sampai dengan keterangan lebih lanjut saat ini Kedutaan Jerman di Indonesia tidak dapat menerima paspor tanpa kolom tanda tangan untuk pemrosesan permohonan visa," tulis penjelasan di website visa.vfsglobal.com.

visa.vfsglobal.com kemudian menyebutkan bahwa tambahan tanda tangan di kolom “Endorsements” tidak dapat diakui sebagai pengganti dari kolom tanda tangan di paspor Indonesia yang mengakibatkan paspor tidak dapat diproses.

Merespons hal itu Kepala Bagian Humas pada Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Kemenkumham, Tubagus Erif Faturahman mengatakan pihaknya sudah berdiskusi secara internal. Katanya, hanya Jerman yang memiliki aturan terkait penolakan paspor Indonesia tanpa tanda tangan.

"Saya tadi sudah diskusi sama orang Imigrasi, memang Jerman ini bermasalah, negara-negara lain tidak ada masalah, cuma Jerman yang lagi bermasalah," kata Erif kepada Tribunnews.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved