Breaking News:

Wisatawan yang Liburan ke Kampung Halaman Ronaldo Kini Tak Lagi Tes COVID-19 di Bandara

Pihak berwenang Madeira telah mengumumkan aturan terbaru bahwa pengujian COVID-19 di bandara dan pelabuhan telah berakhir.

Penulis: Sinta Agustina
Editor: Sinta Agustina
en.wikipedia.org
Madeira 

TRIBUNTRAVEL.COM - Syarat liburan ke kampung halaman kapten timnas Portugal Cristiano Ronaldo kini mulai dilonggarkan.

Pasalnya, pihak berwenang Madeira telah mengumumkan aturan terbaru bahwa pengujian COVID-19 di bandara dan pelabuhan telah berakhir.

Namun hanya beberapa kategori wisatawan yang akan dikecualikan dari aturan masuk ini, dilaporkan schengenvisainfo.com.

Menurut data yang diberikan oleh portal perjalanan resmi Madeira, Badan Pariwisata Daerah Madeira, persyaratan untuk menunjukkan tes antigen cepat atau menjalani tes setibanya di bandara Madeira tidak berlaku untuk individu yang telah pulih dari COVID-19 dalam 90 hari terakhir.

Baca juga: Uni Eropa Akhiri Larangan Perjalanan untuk Kedatangan dari Negara-negara Afrika Selatan

Selain itu, yang dikecualikan dari aturan pengujian juga adalah orang yang telah sepenuhnya divaksinasi terhadap virus dengan salah satu vaksin yang disetujui.

Sertifikat vaksinasi berlaku untuk masuk ke Madeira selama dokumen tersebut membuktikan bahwa pemegangnya telah diimunisasi dengan AstraZeneca, Pfizer/BioNTech, Moderna, Janssen, Sinovac, Sputnik V, dan Sinopharm.

Ilustrasi vaksin AstraZeneca
Ilustrasi vaksin AstraZeneca (TRIBUNNEWS/Jeprima)

Wisatawan yang hanya menerima dosis vaksin pertama dalam skema vaksinasi dua dosis dan telah terinfeksi COVID-19 dalam 90 hari terakhir juga tidak perlu menunjukkan tes pra-masuk atau menjalani tes saat tiba di Madeira.

Kendati demikian, setiap orang tetap wajib mengisi Formulir Pencari Lokasi Penumpang (Passenger Locator Form), terlepas dari status vaksinasi mereka.

Formulir tersebut harus diisi dalam waktu 48 jam sebelum kedatangan.

Sementara itu, wisatawan yang belum divaksinasi atau pulih dari penyakit COVID-19 harus menunjukkan tes negatif yang diambil sebelum masuk atau pulih dari penyakit COVID-19 harus menunjukkan tes negatif yang diambil sebelum masuk atau menjalani tes pada saat kedatangan.

Wisatawan yang melakukan rapid antigen test dalam waktu 48 jam sebelum boarding bisa langsung melanjutkan perjalanan ke tujuan di Madeira.

Baca juga: Jerman Tambahkan 93 Negara Dalam Daftar Wilayah Berisiko Tinggi COVID-19

"Semua penumpang yang turun di bandara Daerah Otonomi Madeira dari wilayah manapun di luar Daerah Otonomi Madeira, melakukan rapid test antigen negatif COVID-19 di laboratorium yang disertifikasi oleh otoritas nasional atau internasional dapat melanjutkan ke tujuannya," demikian bunyi pernyataan Badan Pariwisata Daerah Madeira.

Di sisi lain, mereka yang belum menjalani tes di negara asal harus mengikuti tes setibanya di bandara.

Wisatawan tak perlu mengeluarkan biaya tambahan, karena pengujian di bandara tidak dipungut biaya.

Pestana CR7 Funchal, Madeira, Portugal
Pestana CR7 Funchal, Madeira, Portugal (archilovers.com)
Halaman
12
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved