Breaking News:

Tiga Tempat Wisata di Jogja Diizinkan Buka untuk Uji Coba, Berikut Syarat jika Ingin Berkunjung

Kemenparekraf resmi mengizinkan tiga destinasi wisata di DI Yogyakarta untuk menggelar uji coba pembukaan.

Instagram/ glzoojogja
Gembira Loka Zoo Yogyakarta 

TRIBUNTRAVEL.COM - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) resmi mengizinkan tiga destinasi wisata di DI Yogyakarta untuk menggelar uji coba pembukaan.

Hal itu termaktub dalam Surat Edaran (SE) Nomor SE/8/IL.04.00 DII/2021 tentang panduan penggunaan aplikasi peduli lindungi dan protokol kesehatan pada tempat wisata.

Tempat wisata di Jogja yang berkesempatan menggelar uji coba adalah Gembira Loka Zoo di Kota Yogyakarta, Tebing Breksi di Sleman, dan Hutan Pinusari Mangunan di Bantul.

Sejak saat itu pula Dispar DIY melakukan upaya persiapan pembukaan di tiga destinasi wisata tersebut.

Satu di antara hal yang dipasitkan adalah apakah pengelola objek wisata telah menerima QR Code untuk memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi.

Aplikasi tersebut wajib digunakan untuk melakukan skrining terhadap pengunjung sehingga dapat dipastikan wisatawan yang datang telah tervaksin Covid-19.

"Jadi sudah keluar hari sabtu kemarin kami segera koordinasi dan melakukan uji coba kami lakukan cek in ke tiga destinasi yang ditunjuk oleh kementerian untuk memastikan QR Code sudah diterima atau belum," terang Singgih, Senin (13/9/2021).

Singgih menjelaskan, syarat utama uji coba ini adalah destinasi wisata wajib mengantongi sertifikat CHSE atau Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan) yang diterbitkan oleh Kemenparekraf.

Sebelum ada SE penetapan, ada tiga lokasi wisata yang dikabarkan mendapat izin untuk menggelar uji coba. Yakni Watu Lumbung di Bantul, Taman Pintar di Kota Yogyakarta, serta Candi Ratu Boko di Sleman.

Namun untuk Watu Lumbung dan Taman Pintar setelah dievaluasi rupanya belum mengantongi CHSE sehingga harus dialihkan ke tempat wisata lainnya.

Adapun untuk Candi Ratu Boko, dikatakan telah memenuhi segala persyaratan. Namun PT TWC sebagai pengelola Candi Prambanan hingga Ratu Boko memutuskan untuk memberikan kesempatan kepada destinasi-desrinasi wisata lain di DIY untuk menggelar uji coba.

Tebing Breksi, tempat wisata instagramable di Kelurahan Sambirejo, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.
Tebing Breksi, tempat wisata instagramable di Kelurahan Sambirejo, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. (TRIBUNTRAVEL.COM/SINTA AGUSTINA)

Baca juga: Uniknya Sajian Bakso Plecing di Bali yang Dilengkapi Bumbu Plecing, Sehari Ludes 100 Porsi

Baca juga: 5 Kuliner Khas Pasuruan, Wajib Dicoba saat Liburan ke Cimory Dairyland Prigen

"Kalau untuk Candi Ratu Boko sebenarnya juga sudah masuk kriteria. Karena Ratu Boko jadi satu dengan Prambanan kemudian PT TWC memberikan kesempatan untuk destinasi lain untuk berbagi pengalaman untuk uji coba," jelasnya.

"Jadi kita merekomendasikan untuk Tebing Breksi yang masih satu kabupaten. Kalau dua lainnya belum CHSE," sambungnya.

Singgih melanjutkan, hari ini pihaknya masih melakukan simulasi pembukaan secara internal.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved