Breaking News:

Sejoli yang Petik Bunga Edelweis di Bukit Malang Akhirnya Minta Maaf, Dihukum Blacklist TNGR

Dua wisatawan yang memetik bunga edelweis di Bukit Malang akhirnya meminta maaf atas perbuatannya.

Penulis: Sinta Agustina
Editor: Nurul Intaniar
Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo
Bunga Edelweis tumbuh di sepanjang perjalanan menuju bibir kaldera Gunung Tambora, Nusa Tenggara Barat, Minggu (22/3/2015). Bunga Edelweis merupakan tumbuhan endemik zona alpina/montana di berbagai pegunungan tinggi. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Dua wisatawan yang memetik bunga edelweis di Bukit Malang, Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Nusa Tenggara Barat (NTB) akhirnya meminta maaf atas perbuatannya.

Permintaan maaf keduanya diunggah dalam akun Instagram @amrill96 pada Senin (5/7/2021).

"Kami memohon maaf kepada pengelola umum, Pokdarwis Rinjani Perkasa, keluarga besar Bukit Malang, dan pecinta alam pada umumnya," ucap seorang pria dalam video tersebut.

"Kami pendaki pemula masih butuh bimbingan, wejangan, dan pengarahan dari para senior-senior," lanjutnya.

Sementara itu, wanita dalam vide     o tersebut mengatakan, mereka tidak tahu bahwa ada larangan memetik bunga edelweis.

Baca juga: Viral di Medsos, Sepasang Kekasih Petik Bunga Edelweis di Bukit Malang Gunung Rinjani

Dua wisatawan yang memetik bunga edelweis di Bukit Malang, Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Nusa Tenggara Barat (NTB) akhirnya meminta maaf atas perbuatannya.
Dua wisatawan yang memetik bunga edelweis di Bukit Malang, Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Nusa Tenggara Barat (NTB) akhirnya meminta maaf atas perbuatannya. (Tangkap layar Instagram @amrill96)

"Ke depannya kami akan belajar menjaga dan melestarikannya," ujar si wanita.

Keduanya mengaku akan menerima konsekuensi atas perbuatan yang telah mereka lakukan.

Baca juga: Ingin Aman saat Mendaki Gunung Rinjani? Simak 6 Tips Berikut Ini

Dijatuhi hukuman

Koordinator Perlindungan dan Pengamanan Kawasan Hutan sekaligus Polisi Kehutanan Ahli Madya Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Daniel A Rosang mengatakan, pihaknya akan menindak tegas keduanya.

"Memang ada hal-hal yang perlu ditindak tegas. Tapi kalau hal-hal ini masih dikasih pembinaan, dan kalau ada efek jera lalu mereka sadar, mungkin nanti pimpinan akan menentukan (langkah) selanjutnya," jelas dia kepada Kompas.com, Selasa (6/7/2021).

Halaman
123
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved