Breaking News:

WN China Masuk Indonesia, Ini Penjelasan Lion Air Soal Penerbangan Charter Rute Wuhan-Jakarta

Puluhan WN China tersebut masuk ke Indonesia dengan pesawat sewaan yang sama pada Selasa (4/5/2021).

Penulis: Ratna Widyawati
Editor: Sinta Agustina
Instagram/@lionairgroup
Ilustrasi maskapai penerbangan Lion Air Group 

TRIBUNTRAVEL.COM - Di tengah pandemi Covid-19 dan larangan mudik lebaran 2021, heboh datangnya puluhan warga negara China ke Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Puluhan WN China tersebut masuk ke Indonesia dengan pesawat sewaan pada Selasa (4/5/2021).

Dilansir dari Kompas.com, Sabtu (8/5/2021), hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi, Arya Pradhana Anggakara.

Baca juga: Bocah Lima Tahun Tolak Pakai Maker, Satu Keluarga Dikeluarkan dari Pesawat

"Benar pada Selasa, 4 Mei 2021 jam 14.55 WIB telah mendarat 85 WN China dan tiga WNI dengan pesawat China Southern Airlines (charter flight) dengan nomor penerbangan CZ8353 dari Shenzhen di Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta," kata Angga kepada Kompas.com, Kamis (6/5/2021).

Adanya kehebohan WN China masuk Indonesia, membuat sejumlah maskapai Tanah Air angkat bicara, tak terkecuali Lion Air Group.

Lion Air Grop memberikan keterangan resmi sehubungungan dengan operasional dan layanan penerbangan sewa (charter) rute Internasional yang melayani Jakarta - Wuhan - Jakarta.

Prosedur pemeriksaan terbaru Bandara Soekarno-Hatta
Prosedur pemeriksaan terbaru Bandara Soekarno-Hatta (Instagram/ @angkasapura2)

Melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju Bandara Internasional Tianhe, Wuhan, Provinsi Hubei, Republik Rakyat Tiongkok.

Lion Air menegaskan dan telah memastikan bahwa penerbangan tersebut bukan penerbangan internasional berjadwal.

Melainkan penerbangan sewa untuk penumpang khusus secara grup (bukan penumpang umum) yang dijalankan oleh Lion Air.

Baca juga: Sophia Latjuba hingga Michelle Ziudith Takut Naik Pesawat, Ada yang Trauma Turbulensi Hebat

Lion Air juga mengaku sudah memenuhi persyaratan terbang dan mendapatkan izin terbang pada 18-19 April 2021 dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan RI.

Tujuan penerbangan charter yang dimaksud untuk melayani penerbangan dengan tujuan pengangkutan dan kepentingan pekerjaan perusahaan.

Penerbangan charter ini telah memenuhi persyaratan dokumen perjalanan udara, uji kesehatan dan dokumen kesehatan dengan tetap menjalankan proses karantina sesuai ketentuan yang berlaku.

Ketentuan penerbangan internasional periode 9 Februari 2021 hingga pemberitahuan lebih lanjut sesuai dengan Surat Edaran Nomor 21 Tahun 2021 Kementerian Perhubungan tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Internasional dengan Transportasi Udara dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Serta Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2021 Satuan Tugas Penanganan Covid-19 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Semua penumpang juga telah memenuhi persyaratan keimigrasian seperti VISA, Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP), Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) dan mempunyai dokumen kesehatan berupa hasil tes PCR/SWAB dengan hasil negatif, mengikuti karantina kesehatan dan telah melakukan dua kali PCR Test hasil negatif.

Baca juga: 4 Insiden Penumpang Bikin Keributan di Pesawat, Serang Pramugari hingga Gigit Penumpang Lain

Baca juga: Pria Ini Bikin Kreasi Makanan di Pesawat untuk Atasi Jenuh Selama Lockdown

Lion Air menyebutkan tetap menerapkan semua ketentuan penerbangan yang berlaku selama masa waspada pandemi Covid-19.

Jal ini sesuai dengan rekomendasi aturan dari regulator serta komitmen Lion Air Group dalam beroperasi yang tetap mengedepankan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan serta dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan serta dalam upaya pengendalian Covid-19 di Indonesia.

Tonton juga:

Baca juga: Pramugari Ini Ungkap Arti Suara Lonceng yang Terdengar saat Pesawat Lepas Landas

Baca juga: Terungkap Alasan Pilot Meminta Penumpang untuk Selalu Mengenakan Alas Kaki di Pesawat

(TribunTravel.com/Ratna Widyawati)

Baca selengkapnya seputar Lion Air, di sini.

Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved