Breaking News:

Hampir Terjadi Setiap Hari, Ini Tempat Terbaik di Dunia untuk Melihat Pelangi

Hawaii menjadi tempat terbaik untuk melihat pelangi, sebab fenomena alam itu hampir terjadi setiap haro di negara bagian tersebut.

Flickr/ Robert Linsdell
Fenomena pelangi yang terjadi di Poipu Beach, Koloa, Kauai, Hawaii. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pelangi merupakan fenomena alam yang menampilkan pemandangan indah di langit.

Melihat pelangi, entah sesingkat apapun, tentu merupakan pengalaman yang menakjubkan.

Hal ini karena pelangi memang sangat jarang terjadi sehingga susah untuk melihatnya.

Namun, ternyata ada tempat di mana kita dapat melihat pelangi hampir setiap hari.

Tempat tersebut tidak lain adalah Negara Bagian Amerika Serikat, yaitu Hawaii.

Steven Businger, seorang profesor di Sekolah Sains dan Teknologi Laut dan Bumi Universitas Hawaii, menerbitkan makalah baru di jurnal Bulletin of the American Meteorological Society.

Baca juga: Tiba di Hawaii Tanpa Surat Negatif Test Covid-19 dan Berusaha Suap Petugas, Turis Ini Dupulangkan

Fenomena pelangi hampir setiap hari terjadi di Hawaii
Fenomena pelangi hampir setiap hari terjadi di Hawaii (Flickr/ Chris Hoare)

Dalam jurnal itu, ia menguraikan banyak alasan mengapa Hawaii harus dinamai ibu kota pelangi dunia.

Dilansir TribunTravel dari laman Travel + Leisure, alasan utama tentu karena adanya pelangi yang hampir setiap hari terjadi di negara bagian tersebut.

"Pelangi adalah beberapa fenomena optik paling spektakuler di alam, dan Hawaii diberkati dengan kelimpahannya yang luar biasa," tulis Businger dalam artikelnya.

"Pelangi di Hawaii sangat sering terjadi, sekaligus begitu memukau sehingga muncul dalam nyanyian dan legenda Hawaii, di pelat nomor, hingga bisnis lokal. Pengunjung dan penduduk setempat sama-sama sering meninggalkan mobil mereka di samping jalan untuk memotret pita cahaya yang cemerlang ini," tambahnya.

Bagaimana mungkin orang Hawaii diberkati dengan begitu banyak pelangi?

Menurut Businger, pulau-pulau itu adalah rumah bagi semua bahan yang diperlukan untuk membuat pelangi yang sempurna dari hari ke hari.

Seperti yang ia jelaskan kepada Science Friday, kombinasi unik angin pasat Hawaii, awan kumulus, medan pegunungan, dan udara bersih semuanya memberikan iklim yang sempurna untuk pembuatan pelangi.

"Dengan pengecualian kabut vulkanik, kami memiliki suasana yang sangat bersih di sini karena kami sangat jauh dari sumber polusi," kata Businger.

"Dan itu menghasilkan sinar matahari yang sangat kuat yang menghasilkan pelangi," imbuhnya.

Businger juga menulis bahwa kepercayaan lokal terhadap pelangi menjadikan negara bagian itu sangat pantas disebut sebagai ibu kota pelangi.

"Pentingnya budaya pelangi tercermin dalam bahasa Hawaii, yang memiliki banyak kata dan frasa untuk menggambarkan berbagai manifestasi di Hawaii," tulis Businger .

"Ada kata-kata untuk pelangi yang menempel di Bumi (uakoko), pelangi berdiri (kahili), pelangi yang hampir tidak terlihat (punakea), dan busur bulan (a nuenue kau po). Dalam mitologi Hawaii, pelangi adalah simbol transformasi dan jalur antara Bumi dan Surga, seperti yang terjadi di banyak budaya di seluruh dunia." jelasnya.

Untuk membantu penduduk Hawaii dan pengunjung ke pulau menemukan pelangi sebanyak mungkin, Businger dan beberapa rekannya mengembangkan aplikasi RainbowChase.

Aplikasi tersebut akan menarik informasi cuaca terdekat untuk membantu pengguna menemukan potensi kondisi pelangi di sekitar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved