Breaking News:

TRIBUNTRAVEL UPDATE

TRIBUNTRAVEL UPDATE: Mengenal Kapal Alugoro, Kapal Selam Buatan Indonesia dan DMSE Korea Selatan

Kapal Selam Alugoro ini diresmikan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di PT PAL Indonesia (Persero), Surabaya, Jawa Timur.

Instagram/@prabowo
Pelaksanaan serah terima Kapal Selam Alugoro 405 kepada TNI Angkatan Laut di PT. PAL Surabaya. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Kapal Selam Alugoro-405 menjadi alat utama sistem persenjataan (alutsista) terbaru milik TNI Angkatan Laut (AL).

Kapal Selam Alugoro ini diresmikan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di PT PAL Indonesia (Persero), Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu (17/3/2021).

Alugoro ini merupakan kapal buatan indonesia dengan skema transfer teknologi dengan perusahaan Korea Selatan.

Baca juga: TRAVEL UPDATE: Berlaku Mulai Hari ini, Tarif Layanan GeNose C19 Alami Kenaikan

Dilansir dari Kompas.com, sebelum diresmikan, Alugoro sempat menjalani tes Nominal Diving Dept (NDD) pada 20 januari 2021 lalu di perairan utara Bali.

Diinformasikan bahwa, kemampuan jelajah Alugoro sendiri dapat bertahan hingga 50 hari pada saat menjalani operasi dan dapat bertahan hingga 30 tahun ke depan.

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meninjau Kapal Selam Alugoro-405 di PT PAL Indonesia (Persero) di Surabaya, Jawa Timur, Senin (27/1/2020). Keberhasilan pembangunan kapal selam KRI Alugoro-405 menjadikan Indonesia satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu membangun kapal selam.
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meninjau Kapal Selam Alugoro-405 di PT PAL Indonesia (Persero) di Surabaya, Jawa Timur, Senin (27/1/2020). Keberhasilan pembangunan kapal selam KRI Alugoro-405 menjadikan Indonesia satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu membangun kapal selam. (SETPRES/AGUS SUPARTO)

Sedangkan, kecepatan kapal selam ini mampu melaju maksimal sekitar 21 knot pada kondisi menyelam dan 12 knot ketika berada di permukaan.

Dari hasil uji kemampuan, Alugoro mampu menyelam hingga kedalaman 250 meter.

Alugoro disebut menggunakan diesel elektrik.

Prabowo menyebut, kehadiran dari Alugoro tersebut menjadi tonggak historis pertahanan negara.

"Kita sadari bersama betapa pentingnya pertahanan kita. Kita sedang membangun kemampuan pertahanan kita. Bukan karena kita ingin gagah-gagahan. Bukan karena kita ingin mengancam siapapun. Tidak. Berkali-kali, turun termurun dari pendiri bangsa kita, kita tegaskan bahwa bangsa Indonesia cinta damai tapi lebih cinta kemerdekaan," ujar Prabowo dalam keterangan tertulis, Rabu (17/3/2021).

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Ratna Widyawati
Editor: Nurul Intaniar
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved