Breaking News:

TRIBUNTRAVEL UPDATE

TRAVEL UPDATE: Liburan ke Jogja, Wisatawan Wajib Bawa Surat Hasil Rapid Test Antigen COVID-19

Wisatawan dari luar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang telah mendapat vaksin diharuskan membawa surat hasil negatif Rapid Test Antigen Covid-19.

Penulis: Ratna Widyawati
Editor: Nurul Intaniar
Flickr.com/Jorge Franganillo
Ilustrasi suasana malam di Malioboro Yogyakarta 

TRIBUNTRAVEL.COM - Wisatawan dari luar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang telah mendapat vaksin diharuskan membawa surat hasil negatif Rapid Test Antigen COVID-19.

Hal ini dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo yang mengatakan bahwa wisatawan tetap wajib membawa surat keterangan hasil negatif Rapid Test Antigen.

"Ya, masih diterapkan. Toh kalau kita naik pesawat, kereta, juga dilakukan persyaratan itu. Persyaratan untuk Rapid Antigen masih tetap (diberlakukan)," kata Singgih saat dihubungi, Selasa (9/3/2021).

Baca juga: Terbaru Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Villa Khayangan Bogor untuk Liburan Akhir Pekan

Ia juga menambahkan, sekarang pihaknya sedang melakukan komunikasi dengan para pelaku pariwisata terkait perlakuan bagi wisatawan yang telah melakukan vaksin.

"Kita juga koordinasi dengan Dinkes kalau kemudian ada wacana, umpamanya ada persyaratan yang sudah vaksin apakah menjadi prioritas bagi wisatawan yang akan membeli paket-paket khusus. Paket wisata sehat kan bisa kita lakukan juga," ungkapnya.

Tugu Jogja, Yogyakarta
Tugu Jogja, Yogyakarta (Unsplash/author_is_down)

Singgih menuturkan bahwa dengan diberlakukannya aturan wajib membawa hasil Rapid Test Antigen COVID-19 diharapkan dapat mengantisipasi masuknya virus corona varian baru, B.1.1.7.

"Prinsipnya seiring dengan PPKM itu sendiri. Jadi PPKM sebetulnya membatasi atau memfilter pelaku perjalanan untuk menekan lajunya COVID-19 ini. Kemudian difilter lagi dengan Rapid Antigen," ujarnya.

Dengan demikian, wisatawan yang datang ke DIY bisa menjaga diri sendiri maupun menjaga lokasi yang akan dikunjungi.

Singgih menambahkan, pelaku wisata di DIY sudah mulai mendapatkan vaksinasi melalui program vaksinasi massal beberapa waktu lalu.

Tonton juga:

Halaman
1234
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved