Breaking News:

Diresmikan Jokowi Hari Ini, Lintasan KRL Yogyakarta-Solo Rencananya Akan Diperpanjang hingga Madiun

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sampaikan wacana perpanjangan lintasan KRL Yogyakarta-Solo hingga ke Madiun, Jawa Timur.

KOMPAS.com
Presiden Joko Widodo mencoba Kereta Rel Listrik (KRL) lintas Yogyakarta-Solo bersama Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Senin (1/3/2021). Lintasan KRL Yogyakarta-Solo direncanakan akan diperpanjang hingga ke Madiun, Jawa Timur. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian layanan Kereta Rel Listrik (KRL) Yogyakarta-Solo hari ini, Senin (1/3/2021) di Stasiun Tugu, Yogyakarta.

Pada peresmian yang digelar di Stasiun Tugu, Kota Yogyakarta itu, Jokowi menyebut KRL ini memiliki daya tempuh yang lebih cepat dan ramah lingkungan.

"Bismillahirrahmannirrahim, hari ini saya resmikan KRL lintas Yogyakarta-Solo," ujar Jokowi diutip dari tayangan siaran langsung YouTube Sekretariat Presiden, Senin (1/3/2021) siang.

"Ini merupakan sebuah moda transportasi massal yang ramah lingkungan. Tadi saya juga diberitahu bahwa KRL ini lebih cepat 10 menit dibandingkan (kereta) Prambanan Ekspress (Prameks)," tuturnya.

Selain itu, Kepala Negara pun menyebut biaya operasional KRL Yogyakarta-Solo jauh lebih murah.

"Ini sebuah efisiensi yang bagus sekali. Yang paling penting, KRL ini ramah lingkungan," ucapnya.

Baca juga: Viral di Medsos, Penumpang KRL Terjebak di Lift Stasiun Jatinegara, Akhirnya Minta Tolong di Twitter

Suasana dalam gerbong KRL Solo-Yogyakarta
Suasana dalam gerbong KRL Solo-Yogyakarta (Kompas.com/Arimbihp)

Jokowi berharap, adanya KRL yang baru diresmikan ini dapat mempermudah mobilisasi masyarakat dari Yogyakarta ke Solo maupun sebaliknya.

Dalam kesempatan yang sama, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan rencana perpanjangan lintasan kereta rel listrik (KRL) yang menyambungkan Yogyakarta dan Solo itu hingga ke Madiun, Jawa Timur.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati mengatakan, wacana menambah lintas KRL tersebut untuk jangka panjang.

"Kemarin memang sudah ada wacana. Karena kita juga ingin memikirkan ini sampai juga tidak hanya dari Yogya ke timur tapi juga ke utara. Ini tentu rencana jangka panjang," kata Aditia di Stasiun Klaten, Jawa Tengah, Senin (1/3/2021).

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: ronnaqrtayn
Editor: ronnaqrtayn
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved