Breaking News:

Mulai Besok! Gapeka 2021 Ubah Sejumlah Jadwal Keberangkatan, Perjalanan Naik Kereta Jadi Lebih Cepat

Gapeka 2021 mulai diberlakukan besok, 10 februari 2021 dengan perubahan jadwal keberangkatan pada sejumlah KA serta waktu tempuh yang lebih cepat.

Dok. PT KAI
PT. KAI berlakukan Gapeka 2021 mulai 10 Februari dengan perubahan sejumlah jadwal keberangkatan kereta dan jarak tempuh yang lebih singkat. 

TRIBUNTRAVEL.COM - PT Kereta Api Indonesia (KAI ) akan memberlakukan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2021 mulai 10 Februari.

Terdapat sejumlah perubahan relasi perjalanan yang berkaitan dengan jadwal keberangkatan serta waktu tempuh KA akan menjadi semakin singkat dibanding sebelumnya.

Kebijakan ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Perhubungan No KP 1385 Tahun 2020 tentang Penetapan Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2021.

Kemudian KP 1362 Tahun 2020 tentang Penetapan Lintas Pelayanan Perkeretaapian pada Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2021.

“Penetapan Gapeka 2021 ini untuk menggantikan Gapeka 2019 yang sebelumnya digunakan oleh KAI,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Gapeka sendiri merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api.

Baca juga: Dibanderol dengan Tarif Lebih Murah, GeNose Jadi Pilihan Syarat Naik Kereta Api saat Pandemi

Dalam hal ini pedoman tersebut digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api.

Garfik tersebut berupa gambaran mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan yang ditujukan untuk pengendalian perjalanan kereta api.

PT. KAI berlakukan Gapeka 2021 mulai 10 Februari dengan perubahan sejumlah jadwal keberangkatan kereta dan jarak tempuh yang lebih singkat.
PT. KAI berlakukan Gapeka 2021 mulai 10 Februari dengan perubahan sejumlah jadwal keberangkatan kereta dan jarak tempuh yang lebih singkat. (Dok. PT KAI)

Sehingga adanya penerapan Gapeka 2021 ini waktu perjalanan KA menjadi lebih efisien.

Hal ini dapat dilihat dari KA Penumpang yang sebesar total perjalanan hanya 5.350 menit dan KA Barang sebesar total 6.321 menit.

"Dengan pemberlakuan Gapeka 2021 ini, maka waktu tempuh perjalanan KA penumpang dan barang menjadi lebih singkat," ujar Joni.

Halaman
123
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved