Breaking News:

Rekomendasi Kuilner

Unik! Coba Gurih Pedasnya Sambelan Belalang dari Dawarblandong Mojokerto

Sambelan belalang merupakan kuliner unik dari Dawarblandong Mojokerto, memiliki cita rasa yang pedas dan gurih, cocok untuk pecinta kuliner ekstrim.

TribunTravel/GigihPrayitno
Ilustrasi sambelan belalang 

TRIBUNTRAVEL.COM - Buat kamu para pecinta kuliner ekstrim, wajib rasanya mencoba sambelan belalang dari Kabupaten Mojokerto.

Berlokasi di Dusun Suru Lor, Desa Suru, Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur sambelan belalang merupakan menu andalan dari warung Ibu Fatmawati.

Sebagaimana sambal pada umumnya, sambelan belalang ini memiliki rasa yang pedas dan dipenyet bersama daun kemangi langsung di atas cobek.

Menu makanan belalang sambal ini banyak dipesan oleh penikmat kuliner yang sengaja datang dari Kota/Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur maupun luar daerah.

Mereka rela menempuh jarak cukup jauh untuk memesan sekaligus mencicipi kelezatan dan gurihnya hidangan daging belalang goreng sambal tersebut.

Fatmawati (36) menceritakan awalnya dia mengolah belalang goreng menjadi sajian makanan ringan yang dijual hingga ke Pulau Kalimantan.

Baca juga: Berburu Kuliner Enak di Mojokerto, Harus Coba Bubur Sruntul Legendaris Buat Menu Sarapan

Saat itu, dia mencoba mengolah belalang goreng sambal sesuai permintaan dari pelanggannya.

"Saya awalnya jual camilan Belalang yang dijual sampai di Kalimantan kemudian ada pelanggan yang pesan sambelan ditambah daun kemangi. Saya coba dan banyak yang suka," ungkap Fatma, Minggu (20/12/2020).

Ilustrasi sambelan belalang
Ilustrasi sambelan belalang (TribunTravel/GigihPrayitno)

Fatma sudah menggeluti usaha mengolah makanan berbahan baku belalang selama empat tahun.

Berkat keuletan dan ketekunan ibu tiga anak ini banyak penikmat kuliner yang memesan makanan sambelan belalang dari pengunjung lokal hingga pelbagai daerah mulai Surabaya, Lamongan, Gresik, Jombang dan Malang.

Halaman
123
Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved