Breaking News:

PPKM Jawa-Bali Diperpanjang, Wisata Candi Cetho dan Sukuh Tetap Ditutup

Kawasan Candi Cetho dan Candi sukuh masih ditutup untuk wisatawan salama PPKM Jawa-Bali yang diperpanjang hingga Februari 2021.

TribunTravel/Kurnia Yustiana
Candi Sukuh, Ngargoyoso, Karanganyar 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali diperpanjang mulai periode 25 Januari hingga 8 Februari 2021.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka kawasan wisata Candi Cetho dan Candi Sukuh mengambil keputusan untuk tetap ditutup bagi wisatawan.

“Iya selama PPKM ditutup, kalau yang punya pemerintah ya kita mengalah. Untuk mengurangi kepadatan, kemudian untuk memberi sinyal bahwa pemerintah harus jadi contoh, itu kita lakukan,” kata Kepala Dinas Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar Titis Sri Senin (25/1/2021).

Candi yang berlokasi di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ini selama masa pandemi Covid-19 sebelumnya sempat ditutup mulai Maret 2020.

Kemudian sekitar Juni 2020 Candi Cetho dan Candi Sukuh sudah dibuka kembali untuk kegiatan wisata.

Saat itu kedua candi ini tetap dibuka dengan penerapan standar operasioanl prosedur (SOP) yang baik dan benar untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Baca juga: PPKM Jawa-Bali, Pengunjung Malioboro Menurun Lebih dari 50 Persen

Setelah dibuka beberapa bulan, candi yang terletak di lereng Gunung Lawu tersebut kemudian ditutup kembali saat PPKM dimulai.

Penutupannya dimulai pada 11 Januari 2021, yaitu pada periode awal PPKM diberlakukan.

Candi Sukuh, Ngargoyoso, Karanganyar
Candi Sukuh, Ngargoyoso, Karanganyar (TribunTravel/Kurnia Yustiana)

“Ditutup sampai PPKM beres. Kemarin kan sampai hari ini (25/1/2021), tapi perpanjangan ya diperpanjang lagi tutupnya,” imbuh Titis.

Rencananya, Candi Cetho dan Candi Sukuh akan kembali dibuka jika PPKM telah berakhir.

Jika nantinya PPKM diputuskan kembali diperpanjang pada 8 Februari mendatang, maka kedua candi tersebut pun akan terus ditutup.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved