Breaking News:

Catat! Mulai 5 Februari, GeNose Digunakan di Stasiun Kereta dan Terminal Bus

GeNose atau alat deteksi Covid-19 yang akan digunakan di stasiun kereta dan terminal bus mulai 5 Februari 2021.

Instagram/@garbageidea_
Terminal Purabaya, Surabaya. 

TRIBUNTRAVEL.COM - GeNose atau alat deteksi Covid-19 yang akan digunakan di stasiun kereta dan terminal bus mulai 5 Februari 2021.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, bahwa alat pendeteksi Covid-19 buatan Universitas Gajah Mada itu telah mendapatkan persetujuan edar Kementerian Kesehatan dan Satgas Penanganan Covid-19.

“Untuk itu, pada moda kereta api akan diterapkan secara wajib (mandatory) pada tanggal 5 Februari 2021. Sedangkan angkutan bus tidak wajib, tapi akan dilakukan pengecekan secara random menggunakan GeNose mulai 5 ferbuari 2021, yang akan dimulai dari Pulau Jawa terlebih dahulu,” tutur Budi dalam keterangan tertulis, Minggu (24/1/2021).

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Sederet Negara Eropa ini Larang Kunjungan Wisatawan Inggris

Mantan direktur utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu sudah meminta Dirjen Perhubungan Darat untuk berkoordinasi dengan para Kadishub di seluruh Indonesia.

“Jika nanti saatnya dilakukan pengecekan secara acak dan seseorang dinyatakan positif maka yang bersangkutan tidak dibolehkan untuk berangkat,” ujarnya.

Lebih lanjut Budi mengimbau kepada masyarakat yang akan bepergian menggunakan transportasi bus agar tidak memaksakan diri untuk berangkat jika merasa tidak enak badan atau sakit, karena di terminal-terminal bus dilakukan pengecekan secara acak.

“Kita ingin semua masyarakat tertib dan membantu pemerintah untuk menjaga protokol kesehatan dengan baik,” katanya.

Moda transportasi kereta api dan bus dipilih menjadi yang pertama untuk diterapkan pengecekan Covid-19 menggunakan GeNose, karena harga tiket pada rute tertentu lebih murah daripada pengecekan tes Covid-19 melalui Rapid Antigen atau PCR Test.

“Karena kereta api ada jarak-jarak tertentu, katakan Jakarta-Bandung Rp 100.000, kalau mesti antigen Rp 100.000 lagi itu kan mahal, apalagi tarif bus yang lebih murah lagi, ada yang cuma Rp 40.000 - Rp 50.000,” tuturnya.

Baca juga: Ingin Kurangi Penyebaran Covid-19 saat Berkendara? Coba Buka Jendela Mobil

Baca juga: Jangan Pernah Gunakan Surat Hasil Tes Covid-19 Palsu, Ini Ancaman Penjara yang Siap Jerat Pengguna

Baca juga: Maskapai Ini Gratiskan Vaksin Covid-19 untuk Semua Karyawan

Baca juga: Imbas Covid-19, Layanan Kereta Api Populer di Eropa Ini Terancam Bangkrut

Baca juga: Langgar Protokol Kesehatan, 3 Tempat Wisata di Garut Disegel Satgas Covid-19

Artikel ini telah Tayang diKompas.com dengan judul "Mulai 5 Februari, Pengecekan Covid-19 dengan GeNose Akan Dilakukan di Stasiun dan Terminal"

(TribunTravel.com/ Septi Nandiastuti)

Ikuti kami di
Penulis: Septi Nandiastuti
Editor: Ambar Purwaningrum
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved