Breaking News:

Rute KA Progo Daop 1 Jakarta Sudah Kembali Normal Setelah Sempat Dialihkan

Rute perjalanan KA Progo Daop 1 Jakarta sudah kembali normal setelah sempat dialihkan karena jembatan putus di Brebes.

KOMPAS.COM/DOK PT KAI DAOP 5
KA Bengawan menjadi KA pertama yang melintas jembatan antara Linggapura-Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Selasa (12/1/2021). 

TRIBUNTRAVEL.COM - Kabar gembira untuk kamu yang ingin melakukan perjalanan naik KA Progo.

Kini perjalanan KA Progo Daop 1 Jakarta sudah kembali normal setelah sempat dialihkan karena jembatan yang putus di Brebes.

Disampaikan oleh Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, pengalihan rute KA Progo Daop 1 relasi Pasar Senen-Lempuyangan dilakukan pada Selasa (12/1/2021).

“Dari Jakarta hanya satu KA pagi tadi, KA Progo yang diputar. Lainnya sampai dengan saat ini normal,” tuturnya kepada Kompas.com, Rabu (13/1/2021).

Dia melanjutkan, jika salah satu jembatan antara Linggapura-Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah tidak putus, KA Progo seharusnya melalui jalur Cirebon-Purwokerto-Kroya setelah dari Cikampek.

Kendati demikian, putusnya jembatan akibat tergerus longsor membuat KA Progo harus dialihkan ke arah Bandung-Banjar-Kroya setelah melintasi Cikampek.

Adapun, dua jembatan Linggapura-Bumiayu merupakan jembatan yang kerap dilintasi oleh KA tujuan timur Pulau Jawa dari Jakarta dan sebaliknya.

“KA dari Jakarta yang lewat di sana itu tujuan Surabaya, Gubeng, Malang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo,” jelas Eva.

“Kalau KA dari Jakarta ke arah timur, normalnya memang melalui jembatan yang satu lagi yang masih berdiri,” lanjutnya.

Meski sempat dialihkan, namun saat ini KA Progo beserta KA lainnya yang berangkat dari Daop 1 Jakarta sudah berjalan normal kembali.

Jembatan KA putus karena pondasi tergerus

Situasi di dalam gerbong kereta api.
Situasi di dalam gerbong kereta api. (DOK. HUMAS KAI)

Berdasarkan pemberitaan Kompas.com, Selasa, jembatan yang terletak di atas Sungai Glagah di Dukuh Timbang, Desa Tonjong, Kecamatan Tonjong diduga putus karena terjangan arus sungai usai diguyur hujan deras.

Danramil 09 Tonjong, Kapten Infantri Ngadino melalui Babinsa Serka Iskandar mengatakan, kerusakan yang terjadi pada pilar penyangga jembatan setinggi 22 meter ambruk pada Senin (11/1/2021) malam.

“Putusnya jembatan disebabkan karena salah satu pilar jembatan roboh karena diterjang banjir besar Kali Glagah sejak Senin petang,” katanya, mengutip Kompas.com.

Selain KA Progo yang dialihkan rutenya, sejumlah perjalanan KA lainnya pun terganggu menurut informasi dari PYMT Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Hendra Wahyono dalam keterangan resmi, mengutip Kompas.com, Selasa.

Adapun, beberapa KA yang sempat terlambat dan harus berjalan memutar melalui lintasan Kroya-Bandung-Cikampek adalah KA Gajayana relasi Malang-Gambir, KA Argo Dwipangga relasi Solobalapan-Gambir, dan KA Bima relasi Malang-Gambir.

Selanjutnya KA Bengawan relasi Purwosari-Pasar Senen, KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng-Pasar Senen, KA Senja Utama Solo relasi Solobalapan-Pasar Senen.

Baca juga: Syarat Naik KA Antar Kota di Pulau Jawa dan Sumatera, Berlaku hingga 25 Januari 2021

Baca juga: Daftar Stasiun yang Sediakan Layanan Rapid Test Antigen di Pulau Jawa dan Sumatera

Baca juga: Catat! Daftar Stasiun Kereta Api yang Sediakan Fasilitas Rapid Tes Antigen di Jawa dan Sumatera

Baca juga: PT KAI Daop V Purwokerto Siapkan 179 Armada Kereta Api Sambut Libur Nataru

Baca juga: 46 Perjalanan KA Lokal di Daop 8 Surabaya Ini Bebaskan Syarat Rapid Test untuk Penumpang

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sempat Dialihkan karena Jembatan Putus di Brebes, Rute KA Progo Daop 1 Jakarta Kembali Normal".

Ikuti kami di
Editor: Nurul Intaniar
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved