Breaking News:

Viral di Medsos, Video Hujan Es di Puncak Gunung Slamet, Berikut Penjelasan BMKG

Terdengar beberapa pendaki mengatakan "Hujan Es Guys", begitulah yang diungkapkannya ketika berada di Puncak Slamet

Kompas.com
Ilustrasi Gunung Slamet waspada 

TRIBUNTRAVEL.COM - Hujan es terjadi di puncak Gunung Slamet, bahkan video terjadinya hujan es viral di akun Instagram mountnesia.

Dalam postingan video tersebut, terlihat hujan jelas video terjadinya hujan es di puncak Gunung Slamet.

Dalam caption nya di akun tersebut, tertulis, 'Potret Puncak Gunung Slamet yang HUJAN ES!.'

Terdengar beberapa pendaki mengatakan "Hujan Es Guys", begitulah yang diungkapkannya ketika berada di Puncak Slamet. Ini termasuk kejadian langka yang ditemui pendaki.

Hati-hati untuk para pendaki, apabila kondisi atau cuaca buruk untuk tidak melanjutkan pendakian, karena keselamatan lebih utama.

Dokumentasi dari @thole_sunset dan @firman.almasih via @dady_dp

Balai Besar Badan Meteorologi dan Klimatologi, dan Geofiska (BMKG) Tegal menyebut hujan dengan bentuk butiran es di puncak Gunung Slamet terjadi akibat pertumbuhan awan yang tinggi.

"Hujan es di puncak Gunung Slamet, di karena kan wilayah Kabupaten Tegal sudah memasuki musim penghujan."

"Selain itu, adanya pemanasan permukaan yang sangat intens pada pagi hingga siang hari, menyebabkan penguapan yang besar. Hal tersebut, memicu terbentuknya awan konvektif besar (menjulang tinggi) dan melewati freezing level. Sehingga sebagian besar partikel awan tersebut adalah es," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Tegal, Sayful Amri, saat dihubungi Tribunjateng.com, Senin (23/11/2020).

Kemudian, peluruhan awan hujan tersebut pada kondisi tertentu tidak dapat mencair semuanya, saat mencapai permukaan dan menyebabkan hujan es terjadi.

 

Sementara itu, pemilik akun @thole_sunset yang mempunyai nama Cecep Supriyadi (32) menceritakan, hujan es di puncak Gunung Slamet ini terjadi pada hari Minggu (22/11/2020) sekitar pukul 11.00 WIB.

"Betul mas terjadi hujan es di Gunung Slamet."

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved