Breaking News:

5 Fasilitas Khusus Pekerja Migran Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta

PT Angkasa Pura II dan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia menyiapkan fasilitas khusus di Bandara Soekarno-Hatta bagi pekerja migran Indonesia

Penulis: Ratna Widyawati
Editor: Sinta Agustina
Dok. Angkasa Pura II
Bandara Soekarno-Hatta Terminal 3 

TRIBUNTRAVEL.COM - PT Angkasa Pura II dan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menyiapkan fasilitas khusus di Bandara Soekarno-Hatta bagi pekerja migran asal Indonesia

Pada tahap awal, fasilitas khusus di Bandara Soekarno-Hatta terdapat pada titik keberangkatan dan kepulangan pekerja Migran Indonesia.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, layanan kepada pekerja migran Indonesia akan semakin baik dengan adanya berbagai fasilitas khusus di Bandara Soekarno-Hatta.

Tercatat Selama Agustus 2020, Setiap Hari Ribuan Orang Datang ke Bali Melalui Bandara Ngurah Rai

“Terdapat 5 fasilitas khusus bagi pekerja migran Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta dan kemudian menyusul di bandara-bandara lainnya. Kami berharap dengan fasilitas ini maka pelayanan di bandara bagi pekerja imigran yang merupakan pahlawan devisa bagi Indonesia akan jauh lebih baik,” ujar Awaluddin dalam keterangan tertulisnya, Minggu (6/9/2020).

Suasana Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang mulai dipadati penumpang saat penerbangan
Suasana Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang mulai dipadati penumpang saat penerbangan (TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA)

Bandara Soekarno-Hatta memiliki jalur khusus bagi pekerja migran Indonesia pada akhir September 2020.

Jalur khusus ini antara lain terdapat di konter imigrasi untuk memproses keberangkatan dan kepulangan.

“Umumnya jalur khusus hanya diperuntukkan bagi penumpang first class/business class, lalu kru pesawat, kemudian pemegang KITAS, dan pemegang paspor diplomatik. Dalam waktu dekat, Soekarno-Hatta akan menyediakan jalur khusus bagi pekerja migran Indonesia, dan ini menjadi yang pertaman di Indonesia bahkan mungkin dunia. Ini sebagai bentuk apresiasi kami kepada para pahlawan devisa,” kata dia.

Kedua, meja informasi khusus, konter help desk bagi pekerja migran Indonesia saat ini sudah tersedia di Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta, tepatnya di area baggage claim.

Konter ini khusus untuk membantu seluruh pekerja migran Indonesia ketika kembali pulang ke tanah air.

Jika pekerja migran Indonesia merasa kebingungan atau kesulitan ketika tengah berada di bandara, maka personel help desk senantiasa membantu.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Klasemen PON XX Papua

pon xx papua
No Kontingen Jumlah
1 Papua 6 1 1 8
2 Daerah Khusus Ibukota Jakarta 2 2 3 7
3 Bali 1 1 0 2
4 Jawa Barat 0 1 3 4
5 Daerah Istimewa Yogyakarta 0 1 1 2
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved