Breaking News:

Cegah Virus Corona, Turis Asing yang Punya Riwayat Perjalanan ke China Ditolak Masuk Bali

Menkumham menandatangani peraturan penghentian sementara bebas visa kunjungan, visa, dan pemberian izin tinggal keadaan terpaksa bagi WNA asal China

(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Petugas keamanan bandara berjaga saat wisatawan asal China baru mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (28/1/2020). WNA Punya Riwayat Perjalanan ke China Ditolak Masuk Bali, Cegah Penyebaran Virus Corona ke Indonesia 

TRIBUNTRAVEL.COM - Keseriusan langkah pemerintah mencegah penyebaran virus corona masuk Indonesia semakin nyata.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) resmi menandatangani peraturan penghentian sementara bebas visa kunjungan, visa, dan pemberian izin tinggal keadaan terpaksa bagi Warga Negara Asal (WNA) asal China.

Aturan tersebut tertuang pada Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI nomor 3 tahun 2020 yang ditandatangani di Jakarta, Rabu (5/2/2020) kemarin.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali Sutrisno menuturkan ada dua hal yang harus diperhatikan.

“Sebenarnya ada dua hal saja yang harus diperhatikan. Pertama adalah apabila Warga Negara (WN) China yang langsung datang dari RRT maka itu ditolak. Tidak diperkenankan datang baik crew maupun penumpangnya,” jelas Sutrisno, Kamis (6/2/2020).

Yang kedua adalah semua WNA baik itu WN China maupun WN asing lainnya yang dalam kurun waktu 14 hari pernah tinggal di China, maka tidak diperkenankan masuk Indonesiadan Bali.

“Kalau WN China yang tinggal di luar China dan dalam kurun waktu 14 hari dia tidak pernah tinggal di China, maka dia boleh masuk,” ungkapnya.

Terkait Virus Corona, Turis China di Bali Bakal Dijemput dengan Pesawat China Eastern Airlines

Saat disinggung mengenai data WN China yang masuk ke Bali selama bulan Januari kemarin berapa?

Sutrisno menyampaikan kurang lebih sekitar 18 ribu WNA asal China masuk ke Bali.

“Data dari bulan Januari ini ada sekitar 18.700 orang WN China yang datang ke Bali, dan yang sudah meninggalkan Bali sekitar 17 ribu,” imbuhnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sumber: Tribun Bali
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved