Aturan Penerbangan Domestik Terbaru: Penumpang Pesawat dari dan ke Wilayah Jawa-Bali Wajib Tes PCR

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi pesawat yang hendak lepas landas

TRIBUNTRAVEL.COM - Ingin melakukan perjalanan dari dan ke wilayah Jawa-Bali?

Jika ya, sebaiknya kamu mengetahui aturan terbaru penerbangan domestik dari dan ke wilayah Jawa-Bali.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19, menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 21 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19.

Dalam SE tersebut, ada perubahan aturan perjalanan dengan moda transportasi udara dari dan ke daerah di wilayah Jawa dan Bali serta daerah yang ditetapkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri sebagai daerah dengan kategori PPKM Level 4 dan 3.

Baca juga: Sempat Terhenti, Penerbangan Domestik di Afghanistan Akan Kembali Beroperasi

Warga melakukan tes swab PCR di Puskesmas Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (23/7/2021). (Tribunnews/Herudin)

Baca juga: Maskapai Ini Beri Promo All You Can Fly Sebulan ke 33 Rute Domestik Jepang Mulai Rp 2 Jutaan

"Penumpang pesawat diwajibkan untuk menunjukkan hasil tes negatif RT-PCR yang sampelnya diambil 2x24 jam sebelum keberangkatan dan kartu vaksin dengan minimal dosis pertama," tulis SE Satgas Nomor 21 Tahun 2021, Kamis (21/10/2021).

Perlu diketahui, syarat perjalanan transportasi sebelumnya hanya menunjukan hasil tes negatif Covid-19 dengan metode Rapid Test Antigen.

Namun untuk aturan terbarunya, penumpang pesawat yang melakukan perjalanan dari dan ke pulau Jawa dan Bali wajib menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 dengan metode RT-PCR.

Sementara itu aturan berbeda diterapkan bagi penumpang moda transportasi laut, darat yang menggunakan kendaraan pribadi atau umum, penyeberangan dan kereta api antar kota dari dan ke daerah wilayah Jawa dan Pulau Bali dengan kategori wilayah PPKM level 3 dan 4.

Di mana mereka wajib menunjukan kartu vaksin dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam atau hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.

Baca juga: Jadwal Terbang Garuda Indonesia Rute Domestik Oktober 2021, Rute Jakarta-Bali PP Dilayani Tiap Hari

Ilustrasi pesawat yang sedang lepas landas (Foto oleh Jan Rosolino di Unsplash)

Baca juga: Terbaru, Jadwal Penerbangan Garuda Indonesia Rute Jakarta-Balikpapan Oktober 2021

Kemudian khusus perjalanan rutin dengan moda transportasi darat menggunakan kendaraan pribadi atau umum, dan kereta api dalam satu wilayah atau kawasan aglomerasi perkotaan dikecualikan dari persyaratan perjalanan.

Tetapi untuk penumpang pesawat yang melakukan perjalanan di luar wilayah Jawa-Bali atau wilayah dengan kategori PPKM level 1 dan 2 masih diperbolehkan menggunakan hasil tes negatif Covid-19 dengan Rapid Test Antigen dan PCR.

Hal tersebut juga berlaku untuk moda transportasi darat, laut dan kereta api yang berada di luar Pulau Jawa dan Bali atau daerah dengan PPKM level 1 dan 2.

Baca juga: 5 Kode Rahasia Selama di Penerbangan, Termasuk Isyarat Ada Penumpang Tampan

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul SE Terbaru Satgas Covid-19, Penumpang Pesawat dari dan ke Wilayah Jawa-Bali Wajib PCR