Naik Pesawat Saat Sakit, Ternyata Wanita Ini Tularkan COVID-19 pada 15 Penumpang Lainnya

Ilustrasi Kabin Pesawat

TRIBUNTRAVEL.COM - Seorang penumpang pesawat yang sakit menyebarkan virus corona ke 15 orang penumpang lainnya dalam pesawat.

Dilansir oleh TribunTravel dari nypost.com, peristiwa tersebut terjadi di sebuah penerbangan internasional dari London ke Vietnam.

Dalam sebuah jurnal, diketahui penumpang wanita tersebut diidentifikasi sebagai pengusaha wanita berusia 27 tahun dari Vietnam.

Penumpang wanita itu diketahui mengalami sakit tenggorokan dan batuk sebelum naik penerbangan 1 Maret 2020.

Dalam sebuah studi di jurnal Emerging Infectious Diseases, penumpang wanita itu dinyatakan positif terkena virus corona empat hari kemudian.

Pada 10 Maret, melalui pelacakan kontak, pejabat kesehatan pun menemukan wanita itu menginfeksi 14 penumpang lain dan satu anggota awak di pesawat.

Kesal Tak Dapat Minuman di Pesawat, Pria Ini Gigit Telinga Penumpang Lain

“Risiko penularan SARS-CoV-2 di dalam pesawat selama penerbangan jarak jauh adalah nyata dan berpotensi menyebabkan kluster COVID-19 berukuran besar," tulis studi tersebut.

Bahkan, dalam pengaturan seperti kelas bisnis dengan pengaturan tempat duduk yang luas jauh di luar jarak yang ditentukan yang digunakan berpotensi terinfeksi COVID-19.

Pada saat itu, maskapai penerbangan Vietnam Airlines melakuakn perjalanan dengan total 217 orang di dalamnya.

Belum lagi, pada saat itu belum ada aturan mengenai penggunaan masker penutup mulut dan hidung baik di pesawat maupun di bandara.

Halaman
1234

Berita Populer