Dampak Virus Corona, Kemenag Tutup Sementara Aplikasi Pendaftaran Umrah

Jemaah bersiap untuk melaksanakan ibadah Salat Jumat di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Jumat (26/7/2019). Jemaah tetap memenuhi Masjidil Haram meski cuaca di Makkah sedang pada puncak panas dengan suhu mencapai 48 derajat celsius.

TRIBUNTRAVEL.COM - Kementerian Agama (Kemenag) akan menutup sementara layanan pendaftaran umrah dalam aplikasi Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (Siskopatuh) mulai hari ini, Kamis (12/3/2020).

Sejak ramai penyebaran virus Corona, Pemerintah Arab Saudi memang mengambil kebijakan untuk menangguhkan sementara waktu ibadah umrah dan haji.

Akses para jemaah umrah dan haji ke Tanah Suci pun menjadi terbatas.

Menanggapi kebijakan Pemerintah Arab Saudi tersebut, Kementerian Agama akan menutup sementara layanan pendaftaran umrah melalui aplikasi Siskopatuh.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus, Arfi Hatim dalam siaran pers, Selasa (10/3/2020).

Visa Umrah Ditangguhkan Sementara, KJRI Jeddah: Umrah Ditunda 1 Tahun Tidak Benar

"Siskopatuh kami tutup sementara. Ini dilakukan menyusul kebijakan pemerintah Arab Saudi untuk menghentikan sementara ibadah Umrah/Ziarah," ujar Arfi Hatim.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus, Arfi Hatim. (kemenag.go.id)

Menurut Arfi Hatim, pihaknya telah menerbitkan surat pemberitahuan yang ditujukan kepada Pimpinan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Umrah, dan Perusahaan Asuransi Perjalanan Ibadah Umrah.

"Selama ditutup sementara, maka tidak menerima pendaftar baru," jelasnya.

Arfi menyampaikan, kebijakan tersebut diambil mengingat belum ada kepastian dicabutnya kebijakan penangguhan sementara akses masuk ke Arab Saudi.

Tonton juga:

Halaman
12

Berita Populer