Breaking News:

Viral Korban Gempa Cianjur Pasang Papan Pengumuman: Ini Bukan Wisata Bencana

Kesal melihat hal tersebut, pengungsi gempa Cianjur pun memasang papan pengumuman yang membuatnya viral di media sosial.

Editor: Sinta Agustina
TribunnewsDepok.com/Alex Suban
Warga berjalan melintasi jalan tanah yang licin di depan bangunan Pesantren Al Mubarok yang amblas dan rumah warga yang terangkat di Kampung Cisarua, Desa Sarampad, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (26/11/2022). Akibat gempa bumi di kawasan Cianjur berkekuatan 5.6 magnitudo yang terjadi pada Senin, 21 November 2022, lebih dari 160 bangunan di kampung ini mengalami kerusakan sangat parah. Jalan utama di Kampung Cisarua juga mengalami keretakan, pergeseran, dan amblas. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, baru-baru ini menjadi sorotan publik.

Banyak yang datang untuk memberikan bantuan berupa sembako dan pakaian kepada korban gempa Cianjur.

Pengungsi di Kampung Longkewang, Desa Gasol, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat memasang tulisan 'Ini Bukan Wisata Bencana'.
Pengungsi di Kampung Longkewang, Desa Gasol, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat memasang tulisan 'Ini Bukan Wisata Bencana'. (Tribun Jabar/Deanza Falevi)

Meski demikian, tak sedikit juga orang yang datang ke lokasi pengungsian hanya untuk melihat-lihat.

Bahkan mereka sempat 'berwisata' di lokasi pengungsian korban gempa Cianjur.

Baca juga: KAI Hadirkan Kereta Rail Clinic di Stasiun Cianjur untuk Bantu Korban Gempa, Cek Kesehatan GRATIS

Kesal melihat hal tersebut, pengungsi gempa Cianjur pun memasang papan pengumuman yang membuatnya viral di media sosial.

Viralnya video tersebut setelah diunggah oleh akun instagram @sedulursolo, Minggu (27/11/2022).

LIHAT JUGA:

Video tersebut memperlihatkan sebuah poster yang bertuliskan "ini bukan wisata bencana" yang dipasang tepat di depan tenda pengungsi korban bencana Cianjur.

Tentu poster tersebut dipasang karena ada alasannya.

Pasalnya banyak yang datang ke Cianjur hanya untuk berselfie.

Baca juga: Bangunan Rumah di Cianjur Letaknya di Samping Batu Raksasa, Sudah Ada Sejak Dahulu

Relawan gempa Cianjur kesal dengan tindakan sejumlah orang yang merekam video, memotret, dan bahkan selfie di antara puing sehingga menghambat penanganan bencana.

Bentuk kekesalan mereka maka dipasanglah poster tersebut di depan tenda pengungsi korban bencana.

Warga korban gempa bumi mengungsi di halaman RSUD Cianjur. Total korban meninggal dalam gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencapai 103 orang meninggal dunia berdasarkan data per Selasa, 22 November 2022 pukul 09.55 WIB.
Warga korban gempa bumi mengungsi di halaman RSUD Cianjur. Total korban meninggal dalam gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencapai 103 orang meninggal dunia berdasarkan data per Selasa, 22 November 2022 pukul 09.55 WIB. (TRIBUN JABAR/Fauzi Noviandi)

"Sejak hari pertama banyak orang yang melintas berhenti buat memvideokan kondisi di sini, bahkan selfie sambil ketawa-ketawa dari dalam mobil," ungkap Ieka, koordinator posko bencana di Kampung Lonkewang, Desa Gasol, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022).

"Malah ada yang turun mau melihat jenazah yang belum dikuburkan hanya untuk melihat foto-foto," imbuhnya.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved