Breaking News:

Ratusan Paus Pilot Terdampar di Pantai Australia, Pakar Satwa Ungkap Alasannya

Total sebanyak 230 paus terdampat massal di pesisir barat Tasmania, Australia dengan kondisi hanya 35 ekor yang bisa diselamatkan.

HANDOUT / AFP / Departemen Sumber Daya Alam dan Lingkungan Tasmania
Foto selebaran ini diambil pada 20 September 2022 dan diterima pada 21 September dari Departemen Sumber Daya Alam dan Lingkungan Tasmania menunjukkan bangkai paus pilot yang terdampar di Pelabuhan Macquarie, di Tasmania. "Sebuah pod sekitar 230 paus telah terdampar," kata Departemen Sumber Daya Alam dan Lingkungan negara bagian itu. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Ratusan paus pilot dilaporkan terdampar di pantai bagian barat Tasmania, Australia pada Rabu (22/9/2022).

Total sebanyak 230 paus pilot ditemukan terkulai lemah di pintu masuk Pelabuhan Macquarie dekat Strahan, pesisir barat Pantai Tasmania.

Foto selebaran ini diambil pada 20 September 2022 dan diterima pada 21 September dari Departemen Sumber Daya Alam dan Lingkungan Tasmania menunjukkan bangkai paus pilot yang terdampar di Pelabuhan Macquarie, di Tasmania.
Foto selebaran ini diambil pada 20 September 2022 dan diterima pada 21 September dari Departemen Sumber Daya Alam dan Lingkungan Tasmania menunjukkan bangkai paus pilot yang terdampar di Pelabuhan Macquarie, di Tasmania. "Sebuah pod sekitar 230 paus telah terdampar," kata Departemen Sumber Daya Alam dan Lingkungan negara bagian itu. (HANDOUT / AFP / Departemen Sumber Daya Alam dan Lingkungan Tasmania)

Pakar satwa liar berpacu melawan waktu untuk menyelamatkan 35 paus pilot.

Sementara itu jumlah paus pilot sisanya dikabarkan telah mati dalam kondisi terdampar massal.

Baca juga: 8 Penemuan Aneh di Pantai, dari Muntahan Paus hingga Bola Mata Raksasa

Dikutip dari laman news.com.au, Kamis (22/9/2022) manajer operasi regional Tasmania Parks and Wildlife Service, Brendon Clark menyayangkan upaya penyelamatan paus yang hanya bisa mempertahankan 35 nyawa.

Hal itu dirasa cukup sulit mengingat kondisi lautan yang cukup terbuka dengan ombak yang cukup besar.

TONTON JUGA:

“Sayangnya, paus kami memiliki tingkat kematian yang tinggi untuk kasus terdampar ini-terutama karena kondisi terbuka di Ocean Beach,” katanya.

“Kondisi lingkungan, ombak di luar sana di pantai barat yang terbuka, tentu saja merugikan hewan.”

Selama satu hari penuh petugas penyelamat memilah-milah kondisi paus pilot yang dirasa masih kuat untuk bertahan hidup.

Beberapa paus yang masih ditemukan hidup lantas diselimuti oleh warga setempat dan mereka terus menuangkan beberapa ember air ke tubuh paus.

Hal itu dilakukan bertujuan untuk menjaga pais-paus pilot agar tetap dalam kondisi hidup.

Sementara paus-paus lainnya berupaya membebaskan diri dari tepi pantai dan paus lainnya tergeletak tak bernyawa.

Setelah proses penyelamatan itu, kru kembali menjalankan aksi evakuasi pada hari ini.

Halaman
123
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved