Breaking News:

Viral Kampung Purba di De Tjolomadoe Karanganyar Pamerkan Mumi Asal Indonesia, Seperti Apa?

De Tjolomador menjadi tempat pameran Kampung Purba yang menghadirkan mumi asal Indonesia, yang digelar 12-24 September 2022

Editor: Nurul Intaniar
Tribun Jogja/Noristera Pawestri
Sejumlah wisatawan saat berkunjung ke Pabrik Gula De Tjolomadoe, Sabtu (12/5/2018). 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pameran Kampung Purba di De Tjolomadoe Karanganyar masih berlangsung.

Pameran Kampung Purba ini akan digelar selama 13 hari berturut-turut.


Pengunjung melihat Mumi Mamasa di Pameran Kampung Purba De Tjolomadoe Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar, Sabtu (17/9/2022).
Pengunjung melihat Mumi Mamasa di Pameran Kampung Purba De Tjolomadoe Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar, Sabtu (17/9/2022). (Tribun Jateng/ Agus Iswadi)

Kamu yang ingin melihat pameran Kampung Purba di De Tjolomadoe, gelaran tersebut dihelat mulai 12-24 September 2022.

Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbud Ristek menggelar pameran tersebut untuk memperlihatkan jejak peradaban prasejarah nusantara.

Baca juga: Jumpai Ragam Tanaman Langka di Pameran Tanaman Hias Cimory Dairyland Puncak

Kamu yang gemar dengan wisata edukasi tentu akan senang jika berkunjung ke sana.

Terlebih, pameran ini pertama kali digelar dengan serangkaian event SangiRun Night Trail.

Acaranya dilaksanakan di wilayah Situs Manusia Purba Sangiran, Sragen, Jawa Tengah.

Sementara pameran Kampung Purba di De Tjolomadoe itu merupakan refleksi rekonstruksi kehidupan masa prasejarah dalam bentuk kampung yang terbagi dalam tujuh klaster.

Setiap klaster menyajikan cerita tentang cara hidup, beradaptasi manusia hingga terciptanya sebuah peradaban.

Staf Ahli Bidang Hubungan Kelembagaan dan Masyarakat Kemendikbud Ristek, Muhammad Adlin Sila menyampaikan, pameran prasejarah ini baru pertama kali digelar di dekat kawasan situs prasejarah yakni Situs Manusia Purba Sangiran Kabupaten Sragen.

Diharapkan kegiatan ini dapat terus digelar sebagai wadah anak-anak belajar mengenai jejak-jejak peradaban manusia.

Baca juga: Cimory Dairyland Puncak Gelar Pameran Tanaman Hias, Catat Tanggalnya

Mesin bekas Pabrik Gula yang terletak di Stasiun Gilingan, De Tjolomadoe, Sabtu (17/10/2020). Tempat wisata ini menjadi tempat pameran yang menghadirkan mumi asal Indonesia, yang digelar 12-24 September 2022
Mesin bekas Pabrik Gula yang terletak di Stasiun Gilingan, De Tjolomadoe, Sabtu (17/10/2020). Tempat wisata ini menjadi tempat pameran Kampung Purba yang menghadirkan mumi asal Indonesia, yang digelar 12-24 September 2022 (TribunTravel/ Ratna Widyawati)

"Sesuai dengan konsep Merdeka Belajar, bagaimana membuat anak-anak nyaman dalam belajar, salah satunya metode penyampaiannya, menghibur. Pameran ini saya rasa sudah memenuhi syarat itu. Membuat anak-anak senang," katanya kepada tribunjateng.com di sela pembukaan pameran, Sabtu (17/9/2022).

Kepala Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, Iskandar Mulia Siregar menambahkan, beberapa koleksi yang terdapat dalam pameran tersebut mulai dari manusia purba, replika hewan zaman purba hingga peralatan prasejarah serta aksesoris manusia purba.

Benda-benda prasejarah yang ditampilkan dalam pameran tersebut merupakan koleksi dari 16 instansi balai pelestarian cagar budaya yang ada di Indonesia mulai dari Sangiran Jawa Tengah, Aceh, Ternate, Bali, Bandung, Yogyakarta, Kalimantan, Sulawesi dan Museum Nasional.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved