Breaking News:

Naik Takhta Gantikan Ratu Elizabeth II, Raja Charles III Kini Bisa Bepergian Tanpa Paspor

Pangeran Charles atau kini resmi menjadi Raja Charles III kini dapat bepergian ke luar Inggris tanpa memerlukan paspor.

Penulis: Sinta Agustina
Editor: Sinta Agustina
JANE BARLOW/POOL/AFP
Raja Charles III, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward tiba untuk menghadiri Vigil di Katedral St Giles, Edinburgh, Skotlandia pada 12 September 2022, setelah kematian Ratu Elizabeth II pada 8 September 2022. Pangeran Charles atau kini resmi menjadi Raja Charles III kini dapat bepergian ke luar Inggris tanpa memerlukan paspor Inggris. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pangeran Charles atau kini resmi menjadi Raja Charles III kini dapat bepergian ke luar Inggris tanpa memerlukan paspor Inggris.

Melansir NDTV, Selasa (13/9/2022), Raja Charles akan bepergian ke luar negeri tanpa paspor Inggris karena tidak seperti anggota keluarga kerajaan lainnya.

Pangeran Charles didampingi Camilla menyampaikan pidato selama Pesta Platinum di Istana Buckingham pada 4 Juni 2022 sebagai bagian dari perayaan ulang tahun platinum Ratu Elizabeth II.
Pangeran Charles didampingi Camilla menyampaikan pidato selama Pesta Platinum di Istana Buckingham pada 4 Juni 2022 sebagai bagian dari perayaan ulang tahun platinum Ratu Elizabeth II. (Jonathan Buckmaster/AFP/POOL)

Hal ini karena paspor Inggris nantinya akan diterbitkan atas nama Raja Charles III.

Pembukaan di setiap dokumen sekarang akan menyatakan: "Menteri Luar Negeri Yang Mulia meminta dan mewajibkan atas nama Yang Mulia semua orang yang mungkin menyangkut untuk membiarkan pembawa lewat dengan bebas tanpa izin atau halangan dan memberi pembawa bantuan dan perlindungan yang mungkin diperlukan."

Baca juga: 8 Fakta Unik Istana Balmoral, Kastil Megah Tempat Favorit Ratu Elizabeth II di Skotlandia

Paspor Raja Charles nantinya akan dicabut dan tidak dapat digunakan lagi.

Untuk alasan yang sama, Raja Chales akan menjadi satu-satunya orang di Inggris yang dapat mengemudi tanpa Surat Izin Mengemudi (SIM).

LIHAT JUGA:

Keistimewaan yang didapatkan Raja Charles III juga pernah dialami Ratu Elizabeth II.

Ratu Elizabeth II tidak memerlukan paspor saat bepergian ke luar negeri, dilaporkan Kompas.com.

Menurut laman Kerajaan Inggris Royal.uk, hal ini disebabkan semua paspor asal Inggris dibuat atas nama Ratu sebagai pemimpin di Inggris Raya.

Meski demikian, privilege ini tidak berlaku untuk anggota kerajaan lain.

Baca juga: Viral Kantong Teh Celup Bekas Mendiang Ratu Elizabeth II Terjual Rp 178 Juta

Paspor Inggris akan diubah

Diberitakan TribunTravel sebelumnya, kematian Ratu Elizabeth II telah menyebabkan ketidakpastian tentang dokumen resmi dan surat-surat yang menggunakan namanya sebagai jaminan.

Kata-kata di depan paspor harus diubah untuk mewakili Raja Charles III naik takhta, namun kemungkinan akan menjadi perubahan secara bertahap.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved