Breaking News:

Leonardo DiCaprio Naik Jet Pribadi saat Danai Tuntutan Hukum Terkait Gangguan Iklim

Yayasan milik Leonardo DiCaprio diam-diam mendanai tuntutan hukum perubahan iklim yang dikenakan terhadap perusahaan minyak Big Oil.

Penulis: Sinta Agustina
Editor: Sinta Agustina
Emma McIntyre/Getty Images for Turner/AFP
Leonardo DiCaprio menghadiri Annual Screen Actors Guild Awards ke-26 di Shrine Auditorium, Los Angeles, California pada 19 Januari 2020. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Aktor dan produser Leonardo DiCaprio diketahui sedang bepergian keliling dunia menggunakan jet pribadi yang boros bahan bakar.

Di sisi lain, melansir Fox News, Sabtu (20/8/2022), yayasan milik Leonardo DiCaprio diam-diam mendanai tuntutan hukum perubahan iklim yang dikenakan terhadap perusahaan minyak Big Oil.

Leonardo DiCaprio menghadiri premier film Netflix 'Don't Look Up' pada 5 December 2021 in New York City, Amerika Serikat.
Leonardo DiCaprio menghadiri premier film Netflix 'Don't Look Up' pada 5 December 2021 in New York City, Amerika Serikat. (Mike Coppola/Getty Images/AFP)

Leonardo DiCaprio memulai beberapa perjalanan bertenaga bahan bakar fosil selama beberapa tahun terakhir sambil mendorong langkah-langkah ekstrem untuk memerangi perubahan iklim, menurut beberapa laporan.

Yayasan Leonardo DiCaprio, yang didirikan oleh aktor tersebut pada akhir 1990-an, memberikan hibah kepada dana yang pada gilirannya mendukung upaya firma hukum swasta untuk meminta pertanggungjawaban perusahaan minyak atas perubahan iklim.

Baca juga: Di Tengah Tren Jet Pribadi, Tom Holland Pilih Pesawat Komersial saat Terbang ke Budapest

Mengetahui hal tersebut, Steve Milloy, mantan pejabat energi dalam tim transisi pemerintahan Donald Trump mengaku tidak terkejut.

"Saya tidak terkejut," ujar Steve Milloy kepada Fox News.

LIHAT JUGA:

"Ada seluruh jaringan uang gelap sayap kiri ini. Uang itu datang dari suatu tempat dan orang-orang ini — orang kaya, orang kiri — mendanainya," sambungnya.

Menurutnya, tidak ada satupun aktivis iklim yang tidak sepenuhnya munafik.

"Semua yang mereka lakukan hanyalah kemunafikan total. Saya akan mengatakan mereka tidak memiliki kesadaran diri, tetapi mereka tidak peduli. Semua ini benar-benar dimaksudkan untuk mengendalikan kita, bukan agar mereka mengendalikan diri," jelasnya.

Baca juga: Gara-gara Unggah Foto Putrinya di Jet Pribadi, Khloe Kardashian Disebut Membunuh Planet Bumi

Sebelumnya, Leonardo DiCaprio pernah melakukan perjalanan bertenaga bahan bakar, termasuk enam perjalanan pulang pergi dengan jet pribadi selama hanya enam minggu pada 2014.

Perusahaan siaran dan televisi Sony Pictures Studios mengatur agar Leonardo DiCaprio menaiki jet pribadi dari California ke New York selama periode antara April dan Mei 2014, menurut email internal Sony yang diterbitkan oleh WikiLeaks pada 2015.

Ilustrasi jet pribadi.
Ilustrasi jet pribadi. (Unsplash/Yaroslav Muzychenko)

Pada saat yang sama, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) menunjuk Leonardo DiCaprio sebagai 'pembawa pesan perdamaian' untuk karyanya tentang perubahan iklim pada 2014.

Namun kemudian pada 2016, Leonardo DiCaprio kembali dilaporkan terbang 8.000 mil menggunakan jet pribadi dari Eropa ke New York City untuk menerima penghargaan atas aktivisme lingkungan.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved