Breaking News:

Lebaran 2022

Puncak Arus Balik Lebaran 2022, Bandara Soekarno-Hatta Cetak Rekor 1.130 Penerbangan

Bandara Internasional Soekarno-Hatta mencatat pergerakan pesawat dan penumpang saat puncak arus balik Lebaran 2022.

Penulis: Sinta Agustina
Editor: Sinta Agustina
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Penumpang saat tiba di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/5/2020). PT Angkasa Pura II mengeluarkan tujuh prosedur baru bagi penumpang penerbangan rute domestik selama masa dilarang mudik Idul Fitri 1441 H di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Bandara Internasional Soekarno-Hatta mencatat pergerakan pesawat dan penumpang saat puncak arus balik Lebaran 2022.

Tercatat ada 1.130 penerbangan dengan 150.000 penumpang pada Minggu (8/5/2022).

Angka tersebut merupakan rekor tertinggi sejak pandemi Covid-19.

"Ini belum pernah terjadi sejak pandemi,," ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, dikutip dari Kompas.com, Selasa (10/5/2022).

Ia melanjutkan, sekira 40 persen pergerakan penumpang ada di Terminal 2, yang mencakup 570 penerbangan dan sekitar 3.500 orang per jam.

Untuk menghadapi lonjakan penumpang ini, Budi Karya mengaku telah meminta kepada semua pemangku kepentingan di sektor penerbangan.

Baca juga: Arus Balik Lebaran 2022, Tiket Kereta Api Jarak Jauh Masih Tersedia Cukup Banyak

Mulai dari operator bandara, maskapai penerbangan, maupun unsur terkait lainnya.

"Saya meminta Dirjen Perhubungan Udara bersama Dirut AP II untuk mengawasi langsung kedatangan penumpang pada puncak arus balik sampai dengan malam ini," ungkap Budi Karya.

Suasana Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang mulai dipadati penumpang saat penerbangan
Suasana Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang mulai dipadati penumpang saat penerbangan (TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA)

Sebelumnya, diperkirakan akan ada sekitar 150.473 penumpang pesawat yang berangkat dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu.

Dilansir TribunTravel dari Kompas.com, puluhan ribu pergerakan penumpang itu terdiri dari penerbangan domestik dan internasional.

Baca juga: Kepadatan Kendaraan Arus Balik Lebaran 2022 Menurun, One Way Arah Jakarta Berakhir Hari Ini

Dari 150.473 pergerakan penumpang pesawat itu, sebanyak 66.919 di antaranya merupakan penumpang yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta.

Sementara itu, diperkirakan 83.554 penumpang yang hendak tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

Siapkan kelancaran pengambilan bagasi

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto menjelasan, mengawasi dan memastikan pelayanan kedatangan penumpang pada puncak arus balik Lebaran 2022 berjalan dengan baik.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved