Breaking News:

MotoGP 2022

Fakta Unik Mandalika, Tempat Ajang MotoGP 2022 yang Punya Banyak Wisata Tersembunyi

Namun, apa sih yang bikin Mandalika sangat spesial? Berikut 6 fakta unik tentang Mandalika yang (mungkin) belum kamu ketahui!

ricky, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons
Pantai Kuta Mandalika adalah salah satu tempat yang terkenal di Lombok. Tempat ini merupakan tempat yang paling penting untuk dikunjungi di Lombok, karena bersih dan hanya sedikit orang yang mengunjunginya, terutama orang asing yang datang dari luar negeri. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Nama Mandalika mulai dikenal sejak event balap dunia MotoGP 2022.

Mandalika menjadi tempat berlangsungnya MotoGP 2022.

Apa yang menjadikan Mandalika banyak dilirik bukan cuma sebagai venue adu balap kelas dunia, tetapi juga karena destinasi wisatanya yang begitu memikat, mulai dari wisata alam, sederet resort kelas dunia, dan desa wisata yang masih kental dengan tradisi turun-temurun.

Tak hanya itu, Mandalika juga menyuguhkan kuliner khas dan produk ekonomi kreatif lokal seperti tenun Sasak yang mendunia.

Saking istimewanya, Mandalika didapuk sebagai salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas #DiIndonesiaAja oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Namun, apa sih yang bikin Mandalika sangat spesial? Berikut 6 fakta unik tentang Mandalika yang (mungkin) belum kamu ketahui!

1) Jadi KEK sejak 2014

tempat wisata dekat Sirkuit Mandalika, ada Pantai Mawun di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Nusa Tenggara Barat
tempat wisata dekat Sirkuit Mandalika, ada Pantai Mawun di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Nusa Tenggara Barat (Kompas.com/Aziza Zahwa L.M)

Baca juga: Penonton MotoGP Mandalika 2022 Dapat Layanan Bus Gratis, Simak Rutenya

Terletak di bagian Selatan Pulau Lombok, Mandalika telah ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Pariwisata sejak ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014.

KEK Mandalika adalah salah satu wilayah potensial sektor pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Mandalika ditetapkan menjadi KEK berkat berbagai pilihan pariwisata yang meliput wisata bahari dengan pesona pantai dan bawah laut yang memukau.

Berdasarkan potensi yang ada tersebut, KEK Mandalika dikembangkan menjadi pariwisata berwawasan lingkungan dengan dibangunnya berbagai objek wisata yang berorientasi pada pelestarian nilai dan kualitas lingkungan hidup, termasuk desa wisata.

2) Lahir dari sebuah legenda

Bukit Seger di kawasan Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.
Bukit Seger di kawasan Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. (TRIBUNLOMBOK.COM/SINTO)

Baca juga: 8 Tempat Wisata Alam Dekat Sirkuit Mandalika, Ada Gua Berbentuk Unik dengan Lanskap Eksotis

Ada sejarah unik yang dipercaya turun temurun di Mandalika.

Menurut cerita rakyat Mandalika, dahulu kala ada sebuah kerajaan yang dipimpin oleh raja dan ratu dari suku Sasak yang bijaksana.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved