Breaking News:

Skuter Listrik Tak Boleh Beroperasi di Jalan Raya, Pemkot Yogyakarta Akan Siapkan Rute Khusus

Skuter listrik menjadi tren di Jogja dan Pemkot Yogyakarta akan menyiapkan rute khusus supaya tetap bisa beroperasi.

Editor: Nurul Intaniar
TRIBUNJOGJA.COM/ Azka Ramadhan
Skuter listrik di kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta 

TRIBUNTRAVEL.COM - Skuter listrik kini menjadi wisata tren di Jogja yang digandrungi wisatawan.

Wisatawan yang menggunakan skuter listrik ini biasanya dipakai untuk keliling kawasan Malioboro dan Tugu Putih.

Namun kini Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta akan membatasi jumlah skuter listik supaya tidak mengganggu pejalan kaki.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan jika operasional skuter listrik di Malioboro harus dibatasi agar tidak mengganggu aktivitas wisatawan maupun pejalan kaki.

Baca juga: Terbaru, Harga Tiket Masuk 5 Wisata Candi Populer di Yogyakarta dan Sekitarnya

"Tidak boleh berlebihan (jumlah), biar tidak mengganggu pejalan kaki juga. Maka, harus dibatasi jumlah skuter di Malioboro," ungkapnya, Selasa (11/1/2022).

Skuter listrik di kawasan Malioboro Yogyakarta
Skuter listrik di kawasan Malioboro Yogyakarta (TRIBUNJOGJA.COM/ Azka Ramadhan)

Menurutnya, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti juga telah meminta, supaya skuter listrik jangan beroperasi sementara, untuk langkah pendataan.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif Nugroho menegaskan, bahwa penggunaan skuter listrik tidak boleh beroperasi di jalan raya.

Kebijakan tersebut telah tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 45 dan 59 Tahun 2020, di mana sudah dijelaskan bahwa hanya moda transportasi saja yang boleh beroperasi di jalan raya.

"Makanya, kami minta pada siapapun, misal mempunyai kendaraan seperti itu, tidak dijalankan di jalan raya. Hanya area tertentu, seperti perumahan, car free day, atau jalur khusus," ungkap Agus, Selasa (11/1/2022) yang dikutip dari TribunJogja.com.

"Di jalur khusus yang dibuat untuk sepeda dia (skuter) diperbolehkan, seperti di Jakarta, yang sudah punya jalur khususnya. Tapi, sekarang kan kami belum punya itu ya, sehingga jalurnya masih kecil," lanjutnya.

Baca juga: Jelang Pergantian Tahun, Kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta Akan Dipagari

Baca juga: Jelang Akhir Tahun, Jumlah Penumpang KAI Daop 6 Yogyakarta Menurun

Sebagai gantinya, Pemkot Yogyakarta juga akan melakukan penataan soal rute skuter listrik, maupun jam operasionalnya.

Sehingga keberadaan wahana alternatif bagi para pengunjung tersebut, tak terkesan semrawut, serta semakin menarik dipandang mata.

"Dalam rangka penertiban ini akan kita tata semuanya. Termasuk rute khusus ya, karena yang sudah jalan itu kan sebenarnya dari titik nol sampai Tugu (Pal Putih). Lalu, ada juga yang melewati pedestrian," urainya.

"Kita belum tahu pasti ada berapa penyelenggara, atau penyedia jasa skuter listrik yang beroperasi di sana. Tapi, sepertinya di Malioboro dua, di Tugu dua. Paling tidak itu diatur rute, jamnya," lanjut Heroe.

Baca juga: Viral Alun-alun Utara Yogyakarta dan Beberapa Tempat di Jogja Dijual Secara Virtual

Baca juga: 3 Titik Pemeriksaan Acak di Yogyakarta Selama Libur Nataru, Wajib Siapkan Syarat-syarat Ini

Sebagian artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Pemkot Yogyakarta Akan Batasi Operasional Skuter Listrik di Malioboro dan Siapkan Rute Khusus

Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved