Breaking News:

Bang Tigor Eks KPK Jualan Nasi Goreng usai Diberhentikan, Sempat Dikunjungi Novel Baswedan

Juliandi Tigor Simanjuntak memilih menjadi penjual nasi goreng setelah dirinya tidak lagi menjadi pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Editor: Sinta Agustina
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Eks pegawai KPK Juliandi Tigor Simanjuntak saat melayani pesanan nasi goreng di usaha barunya di Jalan Raya Hankam, Kota Bekasi, Senin (11/10/2021). 

TRIBUNTRAVEL.COM - Juliandi Tigor Simanjuntak memilih menjadi penjual nasi goreng setelah dirinya tidak lagi menjadi pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ia belajar secara otodidak untuk menciptakan menu andalan.

Tigor menjadi satu diantara 57 pegawai yang diberhentikan dari KPK setelah dinyatakan tidak lulus menjalani tes wawasan kebangsaan (TWK) untuk menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Pernah menjadi punggawa lembaga antirasuah dan menghadapi para koruptor, Tigor tidak merasa berkecil diri menjadi berjualan nasi goreng.

Aktivis gereja ini menganggap apa yang dijalaninya saat ini sebagai bentuk usaha agar dirinya tetap produktif dan tetap bisa menghidupi keluarganya usai didepak dari KPK.

Baca juga: Bubur Ayam Topping Melimpah di Jakarta Barat, Tak Tumpah Meski Mangkuknya Dibalik

"Apapun usaha yang kita lakukan kalau sesuai dengan hati nurani kita itu kita jalankan. Saya sih tidak merasa malu dan ini kan menurut antara ya kalau kita menuju sesuatu itu harus ada pengorbanan," katanya saat berbincang dengan Tribunnews, Senin (11/10/2021) malam.

Novel Baswedan mendatangi kedai nasi goreng milik eks pegawai KPK Juliandi Tigor Simanjuntak di Jalan Raya Hankam, Jatirahayu, Bekasi, Jawa Barat, Senin (11/10/2021) malam.
Novel Baswedan mendatangi kedai nasi goreng milik eks pegawai KPK Juliandi Tigor Simanjuntak di Jalan Raya Hankam, Jatirahayu, Bekasi, Jawa Barat, Senin (11/10/2021) malam. (Tribunnews.com/Igman Ibrahim)

"Menurut saya usaha itu salah satu solusi ketika kita menemukan hal kayak kemarin ketika diberhentikan tanpa mendapatkan kompensasi apapun. Kita punya keluarga dan kita harus memikirkan. Kita harus berpijak di kaki sendiri," lanjut dia.

Pria yang akrab disapa Bang Tigor itu menjajakan nasi goreng di warung sederhana yang ia beri nama  Nasi Goreng KS Rempah.

Lokasinya ada di Jatirahayu, Pondok Melati, Bekasi, Jawa Barat.

Dia menyewa halaman ruko yang biasa berjualan perlengkapan kendaraan untuk bisa berjualan nasi goreng.

Baca juga: Nikmatnya Ayam Taliwang 27 di Jakarta Barat, Bumbunya Dikirim Langsung dari Lombok

Saat berjualan, Tigor tidak bekerja sendirian.

Dia dibantu oleh sejumlah koleganya sekitar dua orang yang biasa membantunya dalam menyajikan nasi goreng kepada pelanggan.

Terpikir banting setir

Kepada Tribunnews, Tigor mengaku memang mulai berpikir banting setir berjualan nasi goreng setelah di-nonaktifkan KPK.

Dia mengaku tak menyangka dirinya didepak dari lembaga antirasuah lebih cepat dari waktu yang diperkirakan.

Eks pegawai KPK Juliandi Tigor Simanjuntak saat melayani pesanan nasi goreng di usaha barunya di Jalan Raya Hankam, Kota Bekasi, Senin (11/10/2021).
Eks pegawai KPK Juliandi Tigor Simanjuntak saat melayani pesanan nasi goreng di usaha barunya di Jalan Raya Hankam, Kota Bekasi, Senin (11/10/2021). (TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar)

"Kurang lebih setelah di-non jobkan saya sudah berpikir ke depan mau seperti apa. Sejak 30 September kita diberhentikan itu bukan sesuatu yang bisa diprediksikan. Karena kan saya pikir di bulan Oktober (diberhentikan)," kata Tigor.

Usai disingkirkan dari KPK, Tigor mulai berpikir keras untuk dapat menghidupi istri dan ketiga anaknya yang masih bersekolah.

Baca juga: Sajian Mie Setan Gerobakan Super Laris di Jakarta Pusat, Porsi Jumbo Cuma Rp 13 Ribu

Dia akhirnya memilih belajar secara otodidak memasak nasi goreng dari YouTube.

"Semua menu yang saya sampaikan atau buat itu semua produksi dari YouTube," kata Tigor.

"Karena saya enggak ada kegiatan saya lihat proses semua yang ada di YouTube. Tapi tentunya saya kombinasikan dengan berbagai menu," lanjutnya.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved