Breaking News:

PT KAI Hadirkan 3 Inovasi Keren, Termasuk Wifi Gratis dan Live Cooking dalam Kereta Api

PT Kereta Api Indonesia menghadirkan tiga inovasi menarik untuk penumpang pada Jumat (24/9/2021).

Penulis: Nurul Intaniar
Editor: Nurul Intaniar
Dok. PT KAI
PT KAI hadirkan tiga inovasi baru 

TRIBUNTRAVEL.COM - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai menghadirkan tiga inovasi menarik untuk penumpang, Jumat (24/9/2021).

Inovasi tersebut berupa percepatan waktu tempuh KA, penyediaan fasilitas WiFi gratis, dan layanan live cooking di dalam KA.

“Menyambut HUT ke-76 KAI yang jatuh pada 28 September 2021, KAI mengusung tema Melayani Lebih Cepat dan Lebih Baik. KAI ingin bergerak lebih cepat dalam melayani masyarakat dengan kualitas yang lebih baik. KAI terus melakukan berbagai inovasi sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan,” ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo saat meresmikan tiga inovasi tersebut di Stasiun Bandung.

Inovasi pertama PT KAI yaitu melakukan percepatan waktu tempuh pada sejumlah perjalanan kereta api.

Baca juga: Mulai Besok, Harga Rapid Test Antigen di Stasiun Turun Jadi Rp 45 Ribu

Meliputi KA Argo Bromo Anggrek (Gambir - Surabaya Pasar Turi PP), Argo Wilis (Bandung - Surabaya Gubeng PP), Argo Lawu (Gambir - Solo Balapan PP), Argo Dwipangga (Gambir - Solo Balapan PP), dan Taksaka (Gambir - Yogyakarta PP).

Direktur Niaga PT KAI, Dadan Rusdiansyah saat mendampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melihat layanan live cooking dan wifi gratis yang ada di dalam KA Argo Bromo Anggrek. Jumat (24/9/21) di Stasiun Pasar Turi Surabaya.
Direktur Niaga PT KAI, Dadan Rusdiansyah saat mendampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melihat layanan live cooking dan wifi gratis yang ada di dalam KA Argo Bromo Anggrek. Jumat (24/9/21) di Stasiun Pasar Turi Surabaya. (TribunJatim/ Fikri Firmansyah)

Menurut situs resmi PT KAI, percepatan waktu tempuh KA bertujuan untuk memenuhi harapan pelanggan yang memerlukan waktu perjalanan lebih cepat.

Percepatan tersebut sejalan dengan adanya peningkatan prasarana sehingga kereta mampu melaju lebih cepat namun tetap mengutamakan keselamatan perjalanan.

Misalnya untuk rute Gambir - Yogyakarta PP perjalanannya kini lebih singkat menjadi hanya sekira 6 jam saja dari sebelumnya sekira 7 jam dengan menggunakan KA Argo Lawu dan Argo Dwipangga.

Percepatan juga terjadi di KA lainnya misalnya KA Argo Wilis rute Bandung - Surabaya Gubeng PP lebih cepat 48 menit, sehingga waktu tempuhnya menjadi 9 jam 55 menit.

Sedangkan pada perjalanan KA Argo Bromo Anggrek relasi Gambir - Surabaya Pasar Turi PP setelah pada 1 Juni 2021 telah dikurangi 14 menit, kali ini kembali dikurangi 19-20 menit sehingga kini waktu tempuhnya menjadi 8 jam 10 menit.

Baca juga: Catat! Daftar 64 Stasiun Kereta yang Menurunkan Tarif Rapid Test Antigen Jadi Rp 45 Ribu

Lalu inovasi keduanya adalah menghadirkan layanan WiFi gratis pada KA Argo Bromo Anggrek, Argo Lawu, Argo Dwipangga, Argo Wilis, Taksaka, dan Argo Parahyangan.

KA Argo Bromo Anggrek
KA Argo Bromo Anggrek (kai.id)

Layanan ini dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan penumpang di era digital.

“Dengan Wifi gratis, pelanggan tetap dapat beraktivitas seperti bekerja, mengakses konten hiburan, dan berkomunikasi selama dalam perjalanan,” kata Didiek.

Lalu bagaimana menggunakan WiFi gratis dalam kereta?

Saat berada di kereta, penumpang dapat memilih SSID WiFi dengan nama #FreeWi-fi:MacroAd untuk dapat mengakses wifi gratis selama perjalanan.

Inovasi ketiga yaitu PT KAI menghadirkan layanan live cooking pada KA Argo Lawu, Argo Dwipangga, Taksaka, dan Argo Wilis.

Setelah sebelumnya dihadirkan pada KA Argo Bromo Anggrek pada 1 Juni 2021, KAI kembali menambah layanan live cooking pada beberapa kereta lainnya.

“Harapannya, layanan ini dapat mengobati kerinduan para penikmat perjalanan kereta api serta memberikan pengalaman berkesan saat berkuliner selama dalam perjalanan,” kata Didiek.

Baca juga: LRT Jabodebek Hadir di 18 Stasiun, Akan Beroperasi pada 2022

Dalam kegiatan live cooking nanti, akan ada banyak pilihan menu makanan yang dihadirkan.

Aneka menu tersebut meliputi Nasi Goreng Parahyangan Legend, Mie Godog Jawa, Mie Goreng Jawa, dan Nasi Sei Sapi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved