Breaking News:

Berlaku Mulai Hari Ini, Aturan Ganjil Genap 8 Ruas Jalan di Jakarta, Catat Lokasinya

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyatakan, rekayasa lalu lintas ini dilakukan pada pukul 06.00 WIB hingga 20.00 WIB.

(KOMPAS.COM/JIMMY RAMADHAN AZHARI)
Ilustrasi kebijakan ganjil genap di Jakarta 

TRIBUNTRAVEL.COM - PPKM Level 4 kembali diperpanjang.

Selama perpanangan PPKM Level 4, kebijakan ganjil genap mulai diterapkan di sejumah ruas jalan Ibu Kota.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyatakan, rekayasa lalu lintas ini akan dilakukan pada pukul 06.00 WIB hingga 20.00 WIB mulai 12 - 16 Agustus 2021.

"Kami akan memberlakukan kembali Kawasan Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap pada ruas-ruas jalan tertentu. Kami imbau juga kepada masyarakat agar tidak melakukan mobilitas yang tidak perlu, kecuali yang bersifat mendesak dan tetap patuhi protokol kesehatan," kata Syafrin dikutip dari keterangan PPID DKI Jakarta, Selasa (10/8/2021).

Baca juga: Cerita Pemilik Warung Ponggol Setan di Tegal, Takut Laris Kalau Buka Cabang di Jakarta

Pengumuman pergantian Pos Penyekatan PPKM Darurat menjadi 3 kebijakan, Selasa (10/8/2021). Salah satunya adalah kebijakan ganjil genap di sejumlah ruas jalan di DKI Jakarta mulai hari Rabu (11/8/2021) hingga Senin (16/8/2021).
Pengumuman pergantian Pos Penyekatan PPKM Darurat menjadi 3 kebijakan, Selasa (10/8/2021). Salah satunya adalah kebijakan ganjil genap di sejumlah ruas jalan di DKI Jakarta mulai hari Rabu (11/8/2021) hingga Senin (16/8/2021). (Wartakotalive.com/Miftahul Munir)

Baca juga: 7 Bakso Enak di Jakarta untuk Bersantap Sebelum ke Taman Safari Bogor

Total ada 8 ruas jalan di Jakarta yang diberlakukan sistem Ganjil-Genap, di antranya.

1. Jenderal Sudirman

2. Jalan M.H. Thamrin

3. Jalan Medan Merdeka Barat

4. Jalan Majapahit

5. Jalan Gajah Mada

6. Jalan Pintu Besar Selatan

7. Jalan Hayam Wuruk

8. Jalan Jenderal Gatot Subroto

Baca juga: Roti Bakar Eddy dan 6 Kuliner Malam di Jakarta, Sajian Enak untuk Menu Makan Malam

Ilustrasi Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan kembali menerapkan kebijakan ganjil genap di sejumlah ruas jalan Ibu Kota.
Ilustrasi Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan kembali menerapkan kebijakan ganjil genap di sejumlah ruas jalan Ibu Kota. (Tribunnews.com/Irwan Rismawan)

Baca juga: Nasi Goreng Unik di Jakarta Pusat, Rasanya Enak Meski Dimasak Pakai Kayu Bakar

Syafrin mengatakan, terdapat beberapa pengecualian bagi kendaraan bermotor yang memasuki kawasan Ganjil-Genap ini.

Seperti kendaraan yang membawa masyarakat disabilitas, kendaraan Ambulans, kendaraan Pemadam Kebakaran, kendaraan angkutan umum (plat kuning), kendaraan yang digerakkan dengan motor listrik, sepeda motor, kendaraan angkutan barang khusus Bahan Bakar Minyak dan Bahan Bakar Gas, juga kendaraan Pimpinan Lembaga Tinggi Negara Republik Indonesia.

Seperti Presiden/Wakil Presiden, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat/Dewan Perwakilan Rakyat/Dewan Perwakilan Daerah, dan Ketua Mahkamah Agung/Mahkamah Konstitusi/Komisi Yudisial/Badan Pemeriksa Keuangan.

Juga untuk kendaraan Dinas Operasional berpelat dinas, TNI dan Polri, kendaraan Pimpinan dan Pejabat Negara Asing serta Lembaga Internasional yang menjadi tamu negara, kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas, serta kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Polri, seperti kendaraan Pengangkut Uang (Bank Indonesia, antar Bank, pengisian ATM) dengan pengawasan dari Polri.

Pengecualian, juga berlaku untuk kendaraan petugas kesehatan penanganan Covid-19. Seperti kendaraan mobilisasi pasien, kendaraan mobilisasi vaksin Covid-19, serta kendaraan pengangkut tabung oksigen.

Sementara untuk 20 titik Pos penyekatan seperti di Jalan Raya Bogor dan kawasan Lampiri, Jakarta Timur bakal diganti dengan patroli.

Aparat gabungan bakal keliling memantau wilayah untuk menindak kerumunan.

Baca juga: TRAVEL UPDATE: Mi Ayam All You Can Eat di Jakarta Barat, Bayar Sekali Nambah Mi Sepuasnya

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Kebijakan Ganjil Genap Diterapkan di Sejumlah Ruas Jalan Ibukota, Simak Pengaturannya

Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved