Breaking News:

Tak Diizinkan Masuk Wilayah Udara Prancis, Pesawat Ini Habiskan 2,5 Jam Berputar di Udara

Pesawat Belavia terpaksa harus menghabiskan dua setengah jam terbang tanpa tujuan karena tidak mendapat izin masuk wilayah udara Prancis.

Flickr/ TJDarmstadt
Maskapai Belavia dengan livery khusus "World of Tank". 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pesawat Embraer E195LR Belavia terpaksa harus menghabiskan dua setengah jam terbang tanpa tujuan.

Penerbangan berangkat dari dan kembali ke Minsk, ibu kota Belarusia, karena tidak diizinkan memasuki wilayah udara Polandia.

Pada Rabu (26/5/2021) lalu, penerbangan Belavia B2869 dari Minsk ke Barcelona terbang beberapa putaran di atas Belarusia dalam pola bertahan karena tidak diizinkan memasuki wilayah udara Polandia.

Melansir laman Simple Flying, Jumat (28/5/2021), pesawat yang terlibat adalah pesawat Embraer E195LR Belavia yang mengusung livery khusus "World of Tanks" dan terdaftar sebagai EW-400PO.

Baca juga: Jarak Pandang Buruk, Pilot Ini Tertidur Selama 40 Menit saat Terbangkan Pesawat

Belavia, yang merupakan maskapai milik pemerintah Belarusia, saat ini memang masih diizinkan terbang ke Polandia.

Namun, pesawat khusus ini tidak dapat memasuki wilayah udara Polandia karena selanjutnya tidak dapat memasuki wilayah udara Prancis, yang perlu dilakukan dalam perjalanan dari Belarusia ke Spanyol.

Jalur penerbangan menunjukkan bahwa pesawat tersebut berputar beberapa kali sebelum dijadwalkan memasuki Polandia.
Jalur penerbangan menunjukkan bahwa pesawat tersebut berputar beberapa kali sebelum dijadwalkan memasuki Polandia. (RadarBox.com via Simple Flying)

"Pilot ini menerima informasi dari kami bahwa wilayah udara Prancis diblokir dan dia mungkin bermasalah saat masuk," kata juru bicara Badan Layanan Navigasi Udara Polandia, Pawel Lukasiewicz.

Apa yang terjadi?

Seorang jurnalis Jerman, Lars Wienand, melaporkan di Twitter bahwa otoritas penerbangan Prancis telah menonaktifkan izin Belavia untuk mengoperasikan penerbangan ini di atas wialayah udara Prancis hanya tiga menit sebelum penerbangan tersebut akan lepas landas.

Wienand juga memposting pernyataan Belavia yang mengatakan bahwa ada 54 penumpang di dalam penerbangan tanpa tujuan itu.

Baca juga: Terungkap Alasan Minum Kopi dan Teh di Pesawat Sebaiknya Dihindari, Ini Penyebabnya

Halaman
123
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved