Breaking News:

Tempat Wisata di Jakarta Tetap Buka saat Lebaran, Ini Syaratnya

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan tetap mengizinkan tempat wisata membuka operasional saat libur Lebaran Idul Fitri 2021, dengan pembatasan.

Editor: Ambar Purwaningrum
Instagram/@ragunanzoo
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberi makan Jerapah di Kebun Binatang Ragunan. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Larangan Mudik Lebaran berlaku sejak 6-17 Mei 2021.

Meski demikian, kamu tetap bisa liburan lokal saat Lebaran.

Beberapa tempat wisata di Jakarta tetap buka saat Lebaran 2021.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan tetap mengizinkan tempat wisata membuka operasional saat libur Lebaran Idul Fitri 2021, dengan pembatasan kapasitas maksimum 25-30 persen saja.

Pemprov DKI Jakarta tak mengubah jam operasional berbagai tempat wisata tersebut.

Taman LRT City Ciracas merupakan spot foto gratis di Jakarta yang cocok untuk ngabuburit di sore hari
Taman LRT City Ciracas merupakan spot foto gratis di Jakarta yang cocok untuk ngabuburit di sore hari (Instagram/@syanaka_)

Baca juga: WN China Masuk Indonesia, Ini Penjelasan Lion Air Soal Penerbangan Charter Rute Wuhan-Jakarta

"Jam operasional kegiatan usaha tempat wisata, rekreasi, wisata tirta dan waterpark mengikuti ketentuan SK Disparekraf DKI 354 Tahun 2021," tulis Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Gumilar Ekalaya dalam Surat Edaran Disparekraf DKI Nomor 81/SE/2021 tentang operasional tempat wisata atau rekreasi pada libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah/ 2021 di masa pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Mengacu pada SK Disparekraf DKI 354 Tahun 2021, tempat wisata/taman rekreasi dibuka pukul 05.00 dan tutup pukul 21.00 WIB.

Pengecualian pada wisata tirta, jam operasional pukul 06.00-17.00 WIB serta waterpark pukul 06.00-18.00 WIB.

Petak Enam di Chandra, Glodok, tempat hangout baru di kawasan Pecinan Jakarta, yang tengah hits apalagi dengan dekorasinya yang instagramable.
Petak Enam di Chandra, Glodok, tempat hangout baru di kawasan Pecinan Jakarta, yang tengah hits apalagi dengan dekorasinya yang instagramable. (TribunJakarta/Pebby Ade Liana)

Baca juga: Begini Tanggapan Lion Air Terkait Penerbangan Rute Wuhan-Jakarta

Sementara itu, akses hotel/akomodasi tetap dibuka 24 jam.

Selama pengetatan di masa libur Lebaran 2021, para pengelola tempat wisata di Ibu Kota juga harus menyiapkan sistem reservasi dan pemesanan tiket secara online.

Di samping menerapkan pembatasan pengunjung, pengelola tempat wisata di Jakarta juga mesti memastikan penerapan protokol kesehatan diterapkan secara ketat sesuai ketentuan.

Gumilar juga mengharuskan pengelola tempat wisata di Jakarta memaksimalkan jumlah Satgas Covid-19 internal serta mewajibkan berkoordinasi dengan pihak atau instansi terkait.

Baca juga: Terbaru! Warga di Jakarta Dilarang Mudik Lebaran ke Wilayah Bodetabek

Baca juga: 5 Warung Bakmi di Jakarta yang Terkenal Enak dan Harus Kamu Coba, Bakmi Acang Bisa Jadi Pilihan

Artikel ini telah tayang di TribunTravel.com dengan judul Tempat Wisata di Jakarta Tetap Buka Pas Libur Lebaran tapi Harus Reservasi

Sumber: Grid.ID
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved